Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji, Menag: Luruskan Niat dan Jaga Kesehatan

 Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji, Menag: Luruskan Niat dan Jaga Kesehatan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ketika melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu dini hari, 12 Mei 2024.-Kementerian Agama-

Sebelum meninggalkan pesawat, Gus Men menyempatkan menyapa jemaah lanjut usia (lansia) yang mendapat prioritas dengan duduk di kursi bisnis. Tahun ini, Kementerian Agama masih mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Ada sekitar 45.678 jemaah dengan usia 65 tahun ke atas (21,41 persen). 


Gus Men dan jajaran Kemenag melepas kloter pertama jemaah haji Indonesia.-Kemenag RI-

Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah. Termasuk para lanjut usia. Selama mengikuti bimbingan teknis, para petugas dilatih dan diingatkan agar lebih ramah dan peduli kepada jemaah, khususnya lansia. 

Seluruh jemaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya. Kemenag menginisiasi sejumlah Program Ramah Lansia sejak dalam negeri. 

BACA JUGA:Suhu di Arab Saudi Bisa Tembus 50 Derajat Celcius, Jemaah Haji Wajib Tahu Cara Mencegah Terkena Heat Stroke

Misalnya: bimbingan manasik dengan mengedepankan rukhshah (keringanan), pengkloteran dengan memprioritaskan lansia menempati kursi bisnis, seremoni yang singkat (maksimal 30 mnt dan 2 sambutan), layanan prioritas di asrama haji dalam bentuk makan dengan menu khusus dan penempatan kamar di lantai bawah.

Berangkatnya jemaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 1445 H/2024 M. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: