Ini Film-Film Karya Sineas Indonesia yang Sukses Keliling Dunia, Cocok Jadi Watchlist Anda!

Ini Film-Film Karya Sineas Indonesia yang Sukses Keliling Dunia, Cocok Jadi Watchlist Anda!

Ada berbagai karya film sineas Indonesia yang telah berprestasi dan meraih penghargaan dalam festival film di kancah internasional. --Youtube

HARIAN DISWAY - Industri perfilman Indonesia kini semakin berkembang dan banyak yang melirik dari berbagai negara lainnya. Bahkan, beberapa karya film tersebut muncul dalam nominasi di berbagai film festival internasional.

Sebut saja Festival De Cannes, Busan International Film Festival, dan Singapore International Film Festival. Berikut rekomendasi film karya sineas Indonesia yang mengukir prestasi di kancah internasional yang bisa masuk dalam watchlist Anda.

1. Ziarah (2017)


Sinematografi yang apik dan cerita yang menggugah hati, membuat film Ziarah garapan sutradara BW Purba Negara tersebut meraih prestasi di Festival Film Indonesia (2016) yakni dalam kategori penulis skenario terbaik. --IMDb

Menampilkan kisah romansa dan sejarah, film Ziarah berkisah tentang kehidupan Mbah Sri yang ditinggal oleh sang suami untuk berperang pada masa Agresi Militer Belanda II.

BACA JUGA: Penuh Teror! Berikut Sinopsis Film Tarot yang Tayang di Bioskop Mulai Hari Ini

Ada pesan haru yang ditinggalkan oleh suaminya saat berpamitan kepada Mbah Sri. Yakni apabila sang suami tak kunjung datang ke rumah setelah perang usai itu menandakan bahwa dirinya telah gugur saat berperang. 

Namun, siapa yang menyangka bahwa hari itu ialah hari terakhir Mbah Sri menatap suaminya. Hidup menahun dalam kesendirian, Mbah Sri memiliki keinginan seperti tetangga lainnya yang dimakamkan di samping makam mendiang suaminya. 

Di akhir usianya, Mbah Sri tak menyerah untuk tetap mencari sang kekasih. Walaupun dalam pesannya dan realitanya menunjukkan bahwa sang kekasih telah tiada, Mbah Sri tetap berusaha untuk mencari makam sang suami.

BACA JUGA: Jadi Sepasang Kekasih! Begini Chemistry Antara Park Bo Gum dan Bae Suzy di Film Wonderland

Namun nahas, penantian panjangnya tersebut justru menanggung luka di hatinya. Saat Mbah Sri menemukan makam mendiang suami, terdapat makam perempuan lain yang berada di sampingnya yang tak lain ialah istri kedua suaminya. 

Sinematografi yang apik dan cerita yang menggugah hati membuat film garapan sutradara BW Purba Negara tersebut meraih prestasi di Festival Film Indonesia (FFI) 2016 yakni dalam kategori penulis skenario terbaik.

Juga meraih prestasi di kancah internasional di Asean International Film and Awards 2017 untuk kategori Best Screenplay, Best Actress, Best Director, dan Best FilmFilm ini dapat disaksikan dalam platform Bioskop Online.

BACA JUGA: Festival Film Sacra Cinema 2024: Peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia, Wartakan Injil Lewat Sosial Media

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: