Simulasi Head to Head Khofifah dan KH Marzuki di Pilgub Jatim versi Survei ARCI

Simulasi Head to Head Khofifah dan KH Marzuki di Pilgub Jatim versi Survei ARCI

Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat memaparkan hasil survei terbaru Pilgub Jatim 2024.-Humas ARCI-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lembaga Survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) baru saja merilis peta elektabilitas Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024. 

Sederet nama politikus hingga tokoh agama pun masuk dalam pilihan survei kali ini. Mereka digadang-gadang berpotensi menantang sang petahana Khofifah Indar Parawansa

Dalam deretan nama itu, ada KH Marzuki Mustamar. Eks Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Kehadirannya menjadi sorotan jika benar-benar akan menantang Khofifah di Pilgub.

Sebagai informasi. Survei terbaru ARCI dilakukan pada 1-10 Mei 2024 dengan 1.200 responden. Metode yang digunakan adalah stratified multistage random sampling.

Survei ini memiliki margin of error di angka 2,8 persen. Artinya tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 25 persen kuisionernya dilakukan quality control

BACA JUGA:Khofifah Ungkap Peluang Kolaborasi dengan Parpol Baru di Pilgub Jatim 2024

Kemudian, ARCI melakukan 5 kali survei simulasi. Dua di antaranya adalah simulasi head to head berpasangan dan simulasi head to head perseorangan.

Pada simulasi head to head berpasangan. ARCI menampilkan Khofifah Indar Parawansa berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak. Melawan  KH Marzuki Mustamar yang digandengkan dengan Kader PKB Thoriqul Haq

Hasilnya, Khofifah-Emil masih mendominasi. Elektabilitas mereka berada di puncak dengan 60,8 persen. Angka ini jauh mengungguli elektabilitas lawan simulasinya yang meraih 25,8 persen.


Lembaga ARCI merilis hasil survei terkait Pilgub Jatim 2024.-Humas ARCI-

"Ketika diduetkan (Khofifah sebagai cagub dan Emil sebagai cawagub), mereka sulit dikalahkan," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt dalam paparan surveinya di Surabaya, Rabu, 15 Mei 2024.

Dari hasil survei head to head berpasangan, ada 13,5 persen responden yang belum menentukan pilihan. "Duet Khofifah-Emil memang paling potensial menang dan angkanya diprediksi bisa telak," tambahnya.

BACA JUGA:Teka-teki Calon Wakil Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Di samping itu, dalam survei head to head perseorangan. Simulasi dilakukan antara Khofifah melawan KH Marzuki. Hasilnya, elektabilitas Ketum PP Muslimat NU itu semakin tak tertandingi di angka 59,5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: