Spanyol, Norwegia, dan Irlandia Segera Deklarasi Pengakuan Negara Palestina, Israel Marah-Marah

Spanyol, Norwegia, dan Irlandia Segera Deklarasi Pengakuan Negara Palestina, Israel Marah-Marah

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengumumkan selama konferensi pers bahwa Norwegia mengakui Palestina sebagai negara merdeka mulai 28 Mei, di Oslo, pada 22 Mei 2024.-Erik Flaaris Johansen-NTB / AFP

“(Dilihat,Red) dari sejarah kita sendiri, kita tahu apa artinya," ungkap Harris merujuk pada deklarasi kemerdekaan Irlandia dari Inggris yang mengarah pada kenegaraan formal.

Di sisi lain, pihak Israel merasa geram atas keputusan negara-negara Eropa tersebut. Pihak Israel mengatakan bahwa langkah itu sama halnya seperti mereka “menghargai terorisme”.

BACA JUGA:Akui Jumlah Korban Tewas di Gaza Berjumlah 30.000 Orang, Netanyahu: Setengahnya Adalah Hamas

Seperti yang dikutip dari AFP, pihak Israel juga berencana untuk melakukan penarikan perwakilan diplomatiknya yang ditempatkan di ibukota Norwegia, Irlandia dan Spanyol untuk “konsultasi mendesak”.

Selain itu, pihak Israel juga memanggil duta besar dari ketiga negara tersebut guna memberikan teguran atas keputusan yang mereka ambil.

“Mereka memutuskan untuk memberikan medali emas kepada para pembunuh dan pemerkosa Hamas." ucap Menteri Luar Negeri Israel Katz.(Hayu Anindya Azzahra)

 

Penulis: Hayu Anindya Azzahra, Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, peserta Magang MBKM di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: