Dampak Surabaya Vaganza, KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Atur Waktu Keberangkatan

Dampak Surabaya Vaganza, KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Atur Waktu Keberangkatan

Kemeriahan Surabaya Vaganza 2023-Dok Pemkot Surabaya -Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 bakal diwarnai dengan acara Surabaya Vaganza Parade Bunga dan Budaya itu bakal digelar pada Minggu, 26 Mei 2024. Arus lalu lintas Surabaya akan terdampak. Akan ada rekayasa arus lalu lintas kendaraan di sekitar rute kegiatan.

Surabaya Vaganza atau Parade Bunga dan Budaya direncanakan akan melewati Jalan Pahlawan, Jalan Tunjungan, dan berakhir di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di Alun-Alun Balai Pemuda. Kegiatan mulai pukul 13.00-17.00 WIB.

Peserta pawai mobil hias Surabaya Vaganza pada peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 kali ini juga berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, di HJKS ke-730 melibatkan peserta dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), swasta, dan perguruan tinggi. Di tahun ini Pemkot Surabaya menambah peran dari komunitas, masyarakat umum, swasta, BUMD, dan perguruan tinggi.

BACA JUGA:Surabaya Vaganza 2024 Bakal Paparkan Sejarah Panjang Kota Pahlawan

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengimbau untuk calon penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi maupun Stasiun Surabaya Gubeng untuk datang untuk lebih awal ke Stasiun. Tujuannya mengantisipasi penutupan jalan, kemacetan, maupun pengalihan arus lalu lintas.

“Meski berpotensi terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan menuju Stasiun Surabaya Pasar Turi maupun Stasiun Surabaya Gubeng, namun operasional kereta api (KA) tetap berjalan normal sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka)," ujarnya, Sabtu, 25 Mei 2024.

BACA JUGA:Senam Dahlan Iskan dan Talk Show Orthopaedi Ramaikan Awarding STA 2024 Hari Pertama

"Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh calon pelanggan KA agar mengatur waktu perjalanannya menuju stasiun guna menghindari calon penumpang ketinggalan kereta,” lanjutnya.

Sementara itu, libur panjang akhir pekan yang bersamaan dengan peringatan Hari Raya Waisak dan cuti Bersama, tercatat volume pelanggan pada Sabtu, 25 Mei 2024. Volume pelanggan keberangkatan dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya tercatat 89.461 pelanggan.

"Volume pelanggan ini masih terus akan bertambah karena penjualan tiket masih terus berlangsung," ujarnya.

BACA JUGA:Fashion Show dan Make Up Ramaikan Rangkaian Awarding STA 2024 Hari Pertama

Pada libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Waisak ini, KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 27.226 tempat duduk setiap harinya. Jumlah kapasitas ini mencakup 47 KA jarak jauh yang terdiri dari 43 KA jarak jauh reguler, 3 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: