Teqball: Kombinasi Unik Sepak Bola dan Pingpong yang Semakin Populer

Teqball: Kombinasi Unik Sepak Bola dan Pingpong yang Semakin Populer

Pelatih Timnas Meksiko Gerardo Martino bermain Teqball bersama asistennya dalam sesi latihan, 28 Juli 2021-AFP-

HARIAN DISWAY - ANDA sudah pernah mendengar olahraga teqball? Atau bahkan sudah pernah memainkannya? Ya, teqball adalah olahraga yang relatif baru.

Teqball menggabungkan elemen-elemen sepak bola, sepak takraw, dan pingpong. Olahraga itu dimainkan di atas meja melengkung khusus yang mirip dengan meja pingpong. Tetapi, permukaannya lebih rendah. 

Permainan itu memiliki beberapa aturan dasar yang unik. Bolanya memakai bola sepak standar. Pemain juga tidak boleh menggunakan tangan atau lengan untuk memukul bola.

BACA JUGA:Magis Xabi Alonso: Leverkusen Kuasai Jerman, Raih Gelar Bundesliga dan DFB-Pokal

Asal Usul Teqball


Pemain Timnas Argentina bermain Teqball dalam sesi latihan pada 26 Juni 2021. -AFP-

Teqball diciptakan oleh Gábor Borsányi, seorang mantan pesepak bola profesional; György Gattyán, seorang pebisnis hiburan; dan Viktor Huszár, seorang ilmuwan komputer. Mereka menciptakan teqball di Hungaria pada 2014.

Ide awal mereka adalah untuk menciptakan olahraga yang bisa meningkatkan teknik dan kontrol bola dalam sepak bola.

Teqball bisa dimainkan oleh dua pemain (single) atau empat pemain (double). Sebagaimana pimpong, tujuan utama pemain adalah menjaga bola tetap dalam permainan. Jangan sampai jadi bola mati.

Caranya, mereka harus memantulkan bola satu kali di meja sebelum dipukul kembali oleh lawan. Pemain hanya boleh menyentuh bola maksimal tiga kali sebelum mengirimkannya kembali ke sisi lawan.

BACA JUGA:Lagu Perpisahan Mbappe di PSG: Simfoni Kemenangan Final Coupe de France

Desain Meja Teqball

Meja teqball berbentuk melengkung dengan permukaan yang keras dan halus. Ukurannya lebih besar dari meja pingpong. Panjangnya 3 meter dan lebar 1.7 meter. Desain melengkung itu memastikan bola selalu memantul ke arah pemain. Sehingga, permainan tetap dinamis dan menarik.

Manfaat Teqball

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: