Blok Rokan Jadi Pusat Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir!

Blok Rokan Jadi Pusat Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir!

- Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru bergerak cepat dalam mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menyukseskan pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila yang akan digelar di Blok Rokan pada tanggal 1 Juni 2024.-BPIP-

PEKANBARU, HARIAN DISWAY - Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru bergerak cepat dalam mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menyukseskan pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila yang akan digelar di Blok Rokan pada tanggal 1 Juni 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, menginstruksikan jajarannya untuk fokus pada aspek keamanan dan kebersihan kota. Hal ini ditegaskan dalam rapat koordinasi virtual yang melibatkan pimpinan OPD, camat, dan lurah.

Risnandar menekankan pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan, terutama mengingat kehadiran Presiden dan para menteri dalam acara tersebut. "Kita harus siap sebagai tuan rumah, dan salah satu aspek krusialnya adalah keamanan dan kebersihan," ujarnya.

TNI dan Kepolisian Daerah Riau, beserta jajaran polres dan polsek, telah menyatakan kesiapan mereka untuk mengamankan Presiden.

Sedangkan untuk aspek kebersihan, Risnandar menekankan perlunya kerja sama dari semua pihak. "Masalah kebersihan ini terlihat langsung dan menjadi penilaian utama. Walaupun kita sudah bekerja dengan baik di bidang lain, begitu tamu masuk ke Pekanbaru, yang pertama kali mereka lihat adalah kebersihan," jelasnya.

BACA JUGA:Pendidikan Pancasila Berbeda dengan PPKN, BPIP Perkuat Jaringan Melalui BTU

BACA JUGA:BPIP Gelar Workshop Four Your Pancasila untuk Content Creator di Malang

Ia pun memerintahkan OPD teknis, camat, dan lurah untuk lebih serius menangani persoalan kebersihan. "Saya minta kerja sama dari camat dan lurah untuk bersinergi dan mengajak masyarakat menjaga dan memelihara kebersihan di lingkungannya masing-masing," ujarnya.

Pada Sabtu, 25 Mei 2024, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca turun langsung meninjau kesiapan lokasi upacara di Blok Rokan. Salah satu fokus utama mereka adalah kondisi lokasi jika diguyur hujan sehari sebelum acara.


Persiapan Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 di Blok Rokan, Riau.-BPIP-

Mengingat lokasi upacara didominasi gambut dan berpotensi becek setelah hujan, Hariyanto menyatakan akan mengkoordinasikan solusi untuk lapangan, baik dengan penyemenan atau opsi lainnya. "Mengingat akan ada rangkaian acara selain upacara Pancasila," tambahnya.

Usai meninjau lokasi upacara, Hariyanto, Danrem, dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Bandara Pinang Kampai di Dumai dan jalan yang akan dilalui Presiden.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kelancaran akses dan tidak ada kerusakan jalan yang dapat menghambat pergerakan Presiden dan rombongan.

Persiapan yang matang dan koordinasi yang solid antar instansi terkait diharapkan dapat menunjang kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bpip