Cheng Yu Pilihan Guru Besar Bidang Hukum Universitas Pelita Harapan Prof. Dr. Jur. Udin Silalahi, SH, LLM: Huang Tian You Yan

Cheng Yu Pilihan Guru Besar Bidang Hukum Universitas Pelita Harapan Prof. Dr. Jur. Udin Silalahi, SH, LLM: Huang Tian You Yan

Cheng yu pilihan guru besar bidang hukum Universitas Pelita Harapan Prof. Dr. Jur. Udin Silalahi, SH, LLM: huang tian you yan. -HARIAN DISWAY-Dokumen pribadi

HARIAN DISWAY - Ditanya apa yang menjadi pegangan hidupnya, Prof. Dr. Jur. Udin Silalahi, SH, LLM, menjawab singkat. "Pedoman hidup saya adalah firman Tuhan," ujar guru besar bidang hukum di Universitas Pelita Harapan tersebut.

Meski terkesan simpel, tapi untuk menjalankan apa yang difirmankan Tuhan jelas tak mudah. Sebab, manusia di belahan bumi manapun cenderung ingin hidup bebas. Sedangkan firman Tuhan, banyak sekali di dalamnya adalah berupa larangan. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Dokter yang Berpraktik di Departemen Ortopedi dan Traumatologi RSUD dr Soetomo dr Aries Rakhmat H Sp.OT(K) Spine: Sheng Fan Cong

Dan, yang dilarang biasanya justru adalah yang bikin manusia ngiler untuk melakukannya. Tak heran bila banyak orang yang geregetan, lalu melayangkan "protes" seperti yang didendangkan lagu lawas Oma Irama.

"Kenapa semua yang asyik-asyik, itu diharamkan? Kenapa semua yang enak-enak, itu yang dilarang?" Maklum, ajaran Tuhan yang disampaikan melalui firman dalam kitab suci, memang tidak sedikit yang tidak disertai alasan mengapa hal yang begini yang dibolehkan sedangkan hal yang begitu tidak. 

Tetapi yang pasti, terutama bagi yang mengimani, apa pun yang diperintahkan atau yang dilarang Tuhan dalam firman-Nya, semuanya ialah demi kebaikan kita. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Instruktur Yoga Rita Dewi: Qing Xin Gua Yu

Firman-Nya, dengan lain kata, merupakan sumber kebijaksanaan yang akan membimbing kita melalui setiap perjalanan kehidupan. Pada saat bahagia, ia akan menjadi pengingat untuk "eling lan waspada". Pada saat nestapa, ia akan memberikan kekuatan sekaligus pelipur lara. 

Intinya, menjadikan firman Tuhan sebagai patokan berkehidupan, adalah lantaran kita yakin bahwa, sebagaimana dibilang pepatah klasik Tiongkok, "皇天有眼" (Huáng Tiān yǒu yǎn): Tuhan Mahamelihat dan karenanya akan adil dalam setiap keputusan-Nya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: