Mengapa Lutut Sakit Saat Ditekuk? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengapa Lutut Sakit Saat Ditekuk? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengapa lutut sakit saat ditekuk? Kenali penyebab dan cara mengatasinya. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Pernahkah Anda merasakan nyeri di lutut saat menekuknya? Keluhan ini umum terjadi, terutama di kalangan orang dewasa dan lansia. Tapi, apa sebenarnya penyebab dari rasa nyeri tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? 

Rasa sakit atau nyeri pada lutut saat ditekuk dapat menghambat aktivitas sehari-hari, karena lutut berperan penting untuk menopang tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengenali penyebab nyeri lutut dan cara mengatasinya.

Agar keluhan ini dapat segera teratasi dan Anda bisa beraktivitas dengan nyaman.

BACA JUGA: Mengapa Cedera ACL Jadi Mimpi Buruk Atlet?

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk

Ada berbagai kondisi yang bisa menyebabkan nyeri lutut saat ditekuk. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan rasa sakit tersebut muncul menurut Dr. Duke, ahli bedah ortopedi dari The Orthopaedic Institute.

Cedera Traumatis

Cedera traumatis sering kali langsung terasa dan mudah disadari. Biasanya, dalam waktu kurang dari 24 jam, lutut akan membengkak dan terasa sakit serta meradang.

Cedera ini kerap terjadi saat olahraga, terjatuh, kecelakaan kerja, atau kecelakaan mobil. Benturan langsung dan terpelintir juga menjadi bagian dari cedera ini. Hal itulah yang menyebabkan lutut akan terasa nyeri saat ditekuk.

Cedera Akibat Aktvitas Berlebihan

Cedera ini sering muncul dan berkembang secara perlahan karena orang tersebut melakukan aktivitas yang berat dan berlebihan. Seperti halnya mengangkat beban tanpa perkiraan dan terus menerus beraktivitas juga memunculkan cedera ini.

Yang hasilnya, ketika hendak menekuk lutut, memicu kambuhnya rasa nyeri.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Keresahan Pejalan Kaki yang Bisa Mengalami Cedera

Radang Sendi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: