Telkomsel Jadi yang Pertama Adopsi WiFi 7 di Indonesia, Kecepatan Internet Sampai 10 Gbps

Telkomsel Jadi yang Pertama Adopsi WiFi 7 di Indonesia, Kecepatan Internet Sampai 10 Gbps

Telkomsel jadi yang pertama adopsi WiFi 7 di Indonesia. --Telkomsel

HARIAN DISWAY - Indonesia selangkah lebih maju menuju era internet berkecepatan tinggi. Telkomsel menandai awal langkah tersebut dengan mengadopsi teknologi WiFi 7, yang memungkinkan kecepatan internet hingga 10 gibabyte per detik (Gbps).

WiFi Certified 7 atau WiFi 7 adalah teknologi yang menawarkan koneksi internet yang lebih cepat. WiFi 7 menjadi standar WiFi terbaru yang menawarkan peningkatan kecepatan internet dan kualitas pengalaman internet di generasi saat ini, sekaligus membuka peluang baru untuk teknologi AR dan VR generasi berikutnya yang lebih imersif.

BACA JUGA:WiFi Extender VS Mesh Network: Apa Saja Perbedaannya?

Telkomsel bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) berhasil menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia. Melalui uji coba dengan sejumlah mitra teknologi global, Telkomsel dan Kominfo berhasil mencapai kemajuan penting dalam perjalanan Indonesia menuju era jaringan internet berkecepatan tinggi.

Wi-Fi 7 sebagai evolusi terbaru dari teknologi Wi-Fi, yang menjanjikan kecepatan internet yang lebih tinggi, kapasitas pengguna yang lebih besar, latensi yang lebih rendah, dan efisiensi energi yang lebih baik. Dalam uji coba menggunakan perangkat Low Power Indoor (LPI), Wi-Fi 7 menunjukkan performa dan stabilitas yang mampu meningkatkan pengalaman jaringan secara signifikan, melampaui ekspektasi.

BACA JUGA:Kemenkominfo Luncurkan Kampanye #MakinHepii demi Memasyarakatkan Teknologi Digital

"Kolaborasi dengan pemangku kepentingan seperti Telkomsel mendorong kami untuk menghadirkan evolusi teknologi terbaru ke Indonesia. Dengan begitu, kami dapat meningkatkan pengalaman internet bagi masyarakat,” ujar Dr. Denny Setiawan, Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo.

Ronald Limoa, Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, menambahkan informasi bahwa validasi Wi-Fi 7 merupakan langkah nyata dalam konvergensi teknologi sesuai dengan visi strategis Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di regional.

BACA JUGA:Berapa Besar Kecepatan Internet yang Diperlukan untuk Streaming?

“Bersama Kominfo dan mitra teknologi global, kami berusaha menciptakan terobosan yang menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia. Sebagai yang pertama menghadirkan Wi-Fi 7 di Indonesia, kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi semua orang, setiap rumah, dan bisnis secara inklusif dan berkelanjutan," jelas Ronald.

Meningkatnya kebutuhan produktivitas dan gaya hidup digital membuat teknologi Wi-Fi 7 menjadi solusi yang menghadirkan internet lebih cepat dan stabil, serta meningkatkan kelancaran dan efisiensi, memberikan pengalaman jaringan yang memenuhi kebutuhan koneksi internet berkecepatan tinggi, baik di rumah maupun di kantor.

BACA JUGA:Kerjasama Telkomsel dengan Piala Dunia U-17 Ringankan Tugas FIFA

Untuk itu, teknologi inti terbaru yang melengkapi solusi jaringan internet rumah, Wi-Fi 7 akan mendorong pengembangan jaringan Telkomsel bersama inovasi berkelanjutan dari para mitra teknologi global.

Pemerintah berharap inovasi berkelanjutan yang berkembang di ranah global dapat diadopsi dan dimanfaatkan untuk Indonesia, termasuk dengan memberikan kontribusi tambahan pada ekosistem perangkat yang melibatkan industri dalam negeri. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: