5 Jajanan Tradisional yang Bikin Nostalgia

5 Jajanan Tradisional yang Bikin Nostalgia

Jajanan tradisional yang tak lekang oleh zaman.--

HARIAN DISWAY - Indonesia kaya berbagai jenis kuliner tradisional yang khas dan lezat. Jajanan zaman dulu atau yang sering disebut sebagai jajanan tradisional, menawarkan rasa yang autentik dan mengingatkan kita pada masa kecil. Selain getuk, berikut adalah lima rekomendasi Jajanan zaman dulu yang tidak boleh dilewatkan.

1. Klepon

Klepon adalah jajanan tradisional yang sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil dan diisi dengan gula merah cair, klepon kemudian direbus hingga matang dan digulingkan dalam parutan kelapa. Saat menggigitnya, gula merah cair akan meledak di dalam mulut, memberikan sensasi manis yang memikat. 

Klepon memiliki warna hijau yang berasal dari daun pandan atau pewarna makanan alami lainnya. Teksturnya yang kenyal dengan rasa manis dari gula merah dan gurih dari kelapa parut menjadikan klepon favorit banyak orang. Jajanan ini biasanya dijual di pasar tradisional atau bisa dibuat sendiri di rumah dengan resep yang cukup sederhana.


Jajanan klepon.--

2. Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu jajanan tradisional yang memiliki bentuk bulat dengan pinggiran yang tipis dan renyah, serta bagian tengah yang tebal dan berserat. Terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan air, adonan kue cucur digoreng dalam minyak panas hingga berbentuk seperti kue kecil yang khas. 

Kue cucur memiliki rasa manis yang khas dari gula merah dan aroma yang menggugah selera. Teksturnya yang berserat dan sedikit kenyal di bagian tengah, serta renyah di pinggiran, membuat kue ini unik dan berbeda dari jajanan lainnya. Kue cucur biasanya dijual di pasar-pasar tradisional atau dijadikan hidangan penutup dalam berbagai acara adat dan keluarga.


Jajanan kucur.--

 

BACA JUGA:Jajanan Nomor Wahid saat Lebaran, Ini Resep Kue Nastar yang Enak dan Mudah

BACA JUGA:Deretan Jajanan ini Sering Muncul saat Idulfitri, yang Mana Favorit Anda?

3. Putu Ayu

Putu ayu adalah kue basah tradisional yang memiliki penampilan cantik dengan warna hijau dan taburan kelapa parut di atasnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula, dan pewarna hijau alami dari daun pandan. Adonan putu ayu kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang sudah diisi kelapa parut, lalu dikukus hingga matang. Rasanya yang manis dan lembut dengan aroma pandan yang khas membuat putu ayu menjadi favorit banyak orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: