Lakukan 7 Amalan Ini untuk Meraih Keberkahan di 10 Hari Pertama Zulhijah

Lakukan 7 Amalan Ini untuk Meraih Keberkahan di 10 Hari Pertama Zulhijah

Ini 7 amalan untuk meraih keberkahan di 10 hari pertama Dzulhijjah. -iStock/RasselOK-

HARIAN DISWAY - Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan tanggal 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada tanggal 8 Juni 2024. Zulhijah merupakan bulan istimewa bagi umat Muslim yang menawarkan kesempatan besar untuk meraih pahala berlimpah melalui berbagai amalan ibadah.

Bulan Zulhijah adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT selain Rajab, Zulqadah, dan Muharram. Amalan saleh yang dilakukan pada empat bulan suci ini dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda, menambah keistimewaan bagi siapa saja yang mengerjakannya, terutama pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Apa saja amalan yang dianjurkan? simak penjelasan berikut

BACA JUGA:3 Jenis Puasa Sunah di Bulan Dzulhijjah dan Bacaan Niatnya

1. Puasa Sunnah

Yang pertama, umat Muslim sangat dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah pada tanggal 1-9 Zulhijah. Di antara tanggal tersebut, ada dua puasa yang memiliki keutamaan khusus, yakni puasa Tarwiyah pada 8 Zulhijah dan puasa Arafah pada 9 Zulhijah.


2. Tadarus Al Qur’an

Menghidupkan malam-malam selama sepuluh hari pertama bulan Zulhijah sangat disenangi Allah SWT, sehingga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah baik di siang maupun malam harinya. Umat Muslim dapat mengisi waktu dengan membaca Al-Qur'an.

BACA JUGA:Simak! Ini dia Trik Jitu Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

3. Berdzikir 

Memperbanyak dzikir seperti tahlil, tahmid, dan takbir menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan dalam sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Nabi Muhammad saw bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad:

"Dari Ibnu Umar, Nabi Muhammad saw bersabda: 'Sepuluh hari pertama dalam Zulhijah merupakan hari yang sangat diagungkan dan disenangi oleh Allah, karenanya perbanyak ucapan tahlil, takbir, tahmid'." (HR. Imam Ahmad).

Bacaan dzikir tersebut, sebagai berikut.

Tahlil: La ilaha illa l-Lah (Tiada Tuhan selain Allah SWT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: