Laporan Haji 2024 (31): Putrie Aura, Qoriah Tunanetra Penghafal Alquran yang Berhaji di Usia 21 Tahun

Laporan Haji 2024 (31): Putrie Aura, Qoriah Tunanetra Penghafal Alquran yang Berhaji di Usia 21 Tahun

Putri Aura, jamaah tunanetra asal Binjai berusia 21 tahun dan penghafal quran. --Media Center Haji

"Anak itu di sininya (leher) dibolongin, terbaring di kasur roda, pakai infus. Di situ saya langsung merasa bersyukur anak saya meski tunanetra masih bisa lari-lari. Sesusahnya saya masih ada yang lebih susah, di situ papanya dan saya bisa menerima keadaan anak saya," ucapnya.

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (23): Sibuknya Petugas Haji Seksi Khusus Masjid Nabawi

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (23): Sibuknya Petugas Haji Seksi Khusus Masjid Nabawi

Itulah titik balik Elis dan Suaminya. Ia akhirnya bisa menerima keadaan bahwa putri kesayangannya adalah penderita tunanetra. "Saya membesarkan Aura seperti orang tua lainnya," katanya.

Aura memang punya keterbatasan pada matanya. Tapi dia diberi kelebihan mudah menghafal. Termasuk menghafal Alquran. Saat ini Aura hafal 10 juz. Dia bertekad bisa menghafalkan 30 juz Alquran.  "Tujuan menghafal Alquran juga untuk memberikan mahkota kepada mama dan papa," ucap Aura.

Saat usianya tiga tahun dia sudah hafal surat-surat pendek di Juz Amma.  "Aura sudah suka menghafal sejak usia 3 tahun. Aura memang tunanetra dan pengin dekat dengan Alquran," katanya.

Saat usia 5 tahun, Aura mulai belajar tilawah dengan seorang guru. Metode belajarnya pun mendengarkan rekaman. Lalu pada umur delapan tahun, Aura mulai belajar membaca Alquran braile.

"Setelah selesai Alquran braile, Aura minta (belajar) tilawah sama mama. Cuma mama bingung cari guru tilawah, sampai akhirnya umur 10 tahun ketemu gurunya," ucapnya.

Sang guru juga berhasil membuat Aura menjadi qoriah yang andal. Berbagai prestasi diraih gadis yang bercita-cita ingin menjadi guru dan penghafal Alquran itu. "Tahun 2014 juara 3 MTQ tingkat Provinsi Sumut, 2015 juara 3 di provinsi, 2017 ikut juara 1 tingkat provinsi, lalu dikirim ke tingkat nasional masuk 13 besar. Itu cabang cacat netra," paparnya.

Lalu pada 2016, Aura menjadi juara 1 MTQ Nasional di kalangan disabilitas kategori SMP dan SMA di ajang Festival Lomba Senin Siswa Nasional yang digelar Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

"Tahun 2021 juga juara 1 nasional yang mengadakan swasta lembaga Sam'an Alquran golongan 1-5 juz," ucapnya.

Aura mengikuti kelas penghafal quran . Dia menggunakan aplikasi Khatam di HP-nya. Sehari Aura bisa menghafal 3-6 halaman. "Targetnya sekarang 6 halaman sehari. Diulang sampai 5 kali, tapi biasanya sebelum 5 kali Aura sudah hafal," ucapnya.

Terkait pelayanan haji 2024, Aura dan ibunya memuji layanan yang diperuntukkan bagi jamaah haji disabilitas. Saat terbang ke tanah suci, Aura mendapat kursi di kelas bisnis. Selain disabilitas, kursi bisnis diperuntukkan bagi jamaah lansia.  "Masya Allah tidur mulu aku sampai susah dibangunin," katanya lantas tertawa. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: