Ini 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Ternyata Tak Terduga

Ini 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Ternyata Tak Terduga

Mengonsumsi keju dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan berbagai kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung di dalamnya. --Getty Images

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Keju adalah salah satu produk olahan susu yang dapat dikonsumsi sebagai camilan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tak hanya lezat, Keju juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

Meski demikian, sebagian orang takut mengonsumsinya karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Padahal, bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, ada banyak manfaat keju untuk kesehatan yang bisa diperoleh. Yuk simak apa saja!

1. Mencegah osteoporosis


Kandungan kalsium yang tinggi pada keju dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. --hello sehat

Keju merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan merupakan mineral penting untuk pembentukan serta pemeliharaan tulang yang kuat. Konsumsi keju secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian, yang berperan krusial dalam pencegahan osteoporosis. 

BACA JUGA: Komunitas Dokter Ortopedik Berlari Bersama di Surabaya Orthopedic Half Marathon Kategori 5K

Kalsium dalam keju membantu meningkatkan densitas tulang, memperkuat struktur tulang, dan mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, keju juga mengandung vitamin D, yang membantu penyerapan kalsium di tubuh. 

Kombinasi kalsium dan vitamin D dari keju membuatnya menjadi makanan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, terutama pada individu yang berisiko tinggi seperti wanita pascamenopause dan lansia.

2. Mencegah gigi berlubang


Kandungan mineral yang terdapat di dalam keju bisa membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gigi. --istockphoto

Keju memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu mencegah gigi berlubang. Salah satu manfaat utama keju adalah kemampuannya meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut. 

BACA JUGA: Wow! Ini 8 Khasiat Minum Kopi Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Depresi

Air liur berfungsi sebagai pelindung alami gigi dengan membantu membilas sisa-sisa makanan dan menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. 

Keju juga mengandung kalsium dan fosfat, dua mineral penting yang berperan dalam proses remineralisasi enamel gigi. Remineralisasi adalah proses di mana mineral yang hilang dari enamel karena asam dapat digantikan, sehingga enamel menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap kerusakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: