Bolehkah Ibu Hamil Menikmati Makanan Pedas? Ketahui Fakta dan Tip yang Aman untuk Diikuti!

Bolehkah Ibu Hamil Menikmati Makanan Pedas? Ketahui Fakta dan Tip yang Aman untuk Diikuti!

Kehamilan adalah masa yang penuh dengan berbagai perubahan fisik dan emosional. berikut fakta dan tips aman ibu hamil makan makanan pedas.-pinterest-

HARIAN DISWAY - Kehamilan adalah masa yang penuh dengan berbagai perubahan fisik dan emosional. Masa ini perlu mendapatkan perhatian ekstra. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ibu hamil boleh menikmati makanan pedas?

Tak mudah menjawabnya. Sebab banyak mitos dan fakta seputar konsumsi makanan pedas selama kehamilan. Namun, ada beberapa hal yang membantu menjelaskannya dengan memahami seputar mitos dan faktanya. Simak penjelasan di bawah ini!

Fakta Tentang Makanan Pedas Selama Kehamilan

1. Tidak Membahayakan Bayi

Makanan pedas pada dasarnya tidak membahayakan bayi yang sedang berkembang dalam kandungan. Sistem pencernaan ibu dan plasenta memfilter makanan yang dikonsumsi, sehingga bayi hanya menerima nutrisi yang dibutuhkan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

2. Meningkatkan Metabolisme

Makanan pedas dapat membantu meningkatkan metabolisme. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi ibu hamil yang merasa lesu dan kurang bertenaga. Sebagaimana pada perempuan yang tidak sedang dalam kondisi hamil. 

3. Mitos Kelahiran Prematur

Ada mitos yang menyebutkan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan kelahiran prematur. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Selama makanan yang dikonsumsi aman dan dalam batas wajar, risiko kelahiran prematur tidak meningkat.

Efek Samping yang Perlu Diperhatikan

1. Heartburn dan Masalah Pencernaan

Salah satu efek samping umum dari makanan pedas adalah heartburn atau rasa panas di dada. Ibu hamil lebih rentan terhadap kondisi ini karena perubahan hormon yang menyebabkan relaksasi otot sfingter esofagus.

BACA JUGA: Pemahaman Budaya untuk Penguatan Kesehatan Ibu dan Anak (2): Mitos Seputar Kehamilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: