Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal VCO serta kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. --ilustrasi

VCO membantu menstabilkan lonjakan gula darah dan meningkatkan sekresi insulin. Senyawa dalam minyak kelapa ini juga meningkatkan efektivitas penggunaan glukosa darah, membantu pengelolaan diabetes.

3. Mencegah Infeksi Jamur

Candidiasis adalah infeksi jamur yang dapat mempengaruhi usus. Sebuah studi dalam Journal of Medicinal Food menyatakan bahwa VCO dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi jamur kandida. Manfaat ini berasal dari asam kaprat, asam kaprilat, dan asam laurat dalam minyak kelapa.

4. Meredakan Stres

VCO sering digunakan dalam campuran aromaterapi. Aromanya dapat menenangkan dan meredakan stres. Selain mencampurnya dengan aromaterapi, Anda juga bisa memijat kepala dengan VCO untuk membantu mengurangi stres dan kelelahan.

5. Menjaga Berat Badan

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Lipids pada 2020, kelapa membantu membakar lemak perut. Sehingga berkontribusi pada pengendalian berat badan.

VCO juga mempercepat laju metabolisme tubuh, yang membantu membakar energi lebih cepat, bermanfaat bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

"Minyak kelapa murni (VCO) yang diperas panas menunjukkan potensi yang menjanjikan sebagai suplemen makanan. Ini tidak hanya bertindak sebagai agen anti-inflamasi, tetapi juga berpotensi mengurangi terjadinya penyakit degeneratif," ungkap Anuja Bodhare, BAMS, dokter di India.

BACA JUGA:5 Tanaman Toga Murah dan Mudah dengan Segudang Manfaat

6. Menjaga Kesehatan Gigi

VCO sering digunakan untuk mengatasi masalah gigi seperti plak dan bau mulut. Berkumur dengan minyak kelapa juga efektif dalam mencegah pembentukan plak akibat radang gusi (gingivitis).

"Salah satu kegunaan minyak kelapa yang menarik adalah oil pulling. Penelitian menunjukkan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa mungkin memiliki efek positif pada kesehatan mulut dan kebersihan gigi. Tinggal berkumur saja dengan VCO," jelas Dr Smita Barode.

7. Menunjang Kesehatan Tulang

Minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting seperti kalsium dan magnesium, yang diperlukan untuk perkembangan tulang yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline