Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal VCO serta kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. --ilustrasi

BACA JUGA:Konsumsi Minyak Zaitun Tiap Hari Bisa Cegah Pikun

Kandungan VCO


Kandungan VCO. --ilustrasi

Virgin Coconut Oil (VCO) mengandung lemak yang sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai sedang (medium chain fatty acids) seperti asam laurat, asam miristat, dan asam palmitat.

Asam lemak rantai sedang ini memiliki struktur yang lebih pendek dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang (long chain fatty acids) yang biasanya ditemukan dalam lemak hewan. Struktur yang lebih pendek ini membuat asam lemak pada VCO lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Di antara semua asam lemak dalam VCO, asam laurat (lauric acid) menempati porsi terbesar, yakni sekitar 45-55 persen. Asam laurat dikenal karena kemampuannya berfungsi sebagai antimikroba, dengan cara melunturkan lapisan lipid yang melindungi virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya.

Asam lemak pada VCO mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh, sehingga mengurangi risiko penimbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, VCO juga mengandung antioksidan tinggi seperti tokoferol dan betakaroten, yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh.

VCO juga mengandung vitamin E, vitamin K, serta beberapa mineral penting seperti besi, kalsium, dan magnesium. Selain itu, VCO kaya akan senyawa polifenol dengan sifat antioksidan yang tinggi, seperti asam ferulat, asam p-kumarik, dan asam p-sinensetin.

"Senyawa-senyawa itu membantu menjaga kesehatan tubuh dengan melawan radikal bebas dan mengurangi risiko berbagai penyakit degeneratif," jelas Dr Siddarth Gupta.

BACA JUGA:Wow! Ini 8 Khasiat Minum Kopi Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Depresi

Manfaat VCO untuk Kesehatan


Manfaat VCO untuk kesehatan. --ilustrasi

1. Memperlancar Pencernaan

Asam lemak esensial dalam minyak kelapa, seperti asam laurat dan monolaurin, memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus yang kuat. Sifat-sifat ini membantu mengatasi berbagai bakteri, jamur, dan parasit yang menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Mengelola Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline