Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal VCO serta kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. --ilustrasi

8. Menjaga Kelembaban Kulit

VCO bukan hanya sekadar bahan makanan, tetapi juga dapat menjadi pelembab alami untuk kulit yang luar biasa. Minyak kelapa membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki beragam kegunaan di dunia kosmetik, membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat meningkatkan tingkat kelembaban pada kulit yang kering, memberikan manfaat tambahan bagi mereka yang mencari solusi alami untuk masalah kulit.

9. Merawat Kesehatan Rambut

Minyak kelapa tidak hanya memperbaiki kesehatan rambut, tetapi juga melindunginya dari kerusakan. Kemampuan minyak kelapa untuk meresap ke dalam helai rambut membuatnya lebih mudah diatur, menjaga kelembaban, dan meningkatkan kekuatannya.

"Saya merekomendasikan VCO untuk menjaga rambut agar tetap kuat dan tangguh," kata Dr Rajeev Singh, BAMS, di situs Healthline. "Minyak kelapa menembus helaian rambut kita dan bekerja secara ajaib dengan membuatnya lebih fleksibel," lanjutnya.

"Fleksibilitas itu akan sangat berguna ketika rambut diregangkan atau dipanjangkan, karena membantu mengendalikan dan mengurangi tekanan pada rambut kita," jelasnya.

10. Mencegah Alzheimer

VCO memiliki keunggulan berasal dari kandungan medium-chain triacylglycerides (MCT), yang dikenal sebagai triasilgliserida rantai sedang.

MCT bukan hanya diserap lebih efisien oleh hati daripada jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme dengan cepat. Ini berarti bahwa asam lemak sehat ini dapat dengan cepat diubah menjadi keton.

Pada lansia, terjadi penurunan tingkat metabolisme glukosa di otak. Hal ini dapat mengakibatkan kekurangan energi yang meningkatkan risiko Alzheimer.

Untuk mengatasi penurunan ini, otak bisa beralih menggunakan keton sebagai sumber energi alternatif, terutama dengan dukungan pola makan rendah karbohidrat. Keton dapat menyediakan hingga 70 persen dari kebutuhan energi otak.

BACA JUGA:5 Manfaat Oatmeal untuk Kulit

Cara Mengonsumsi VCO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline