Mengapa Minum Air Putih Penting? Ini 10 Manfaat yang Harus Anda Ketahui

Mengapa Minum Air Putih Penting? Ini 10 Manfaat yang Harus Anda Ketahui

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Air menjadi salah satu komponen penting dalam tubuh manusia, 50% dari tubuh manusia terdiri dari air yang perlu dicukupi setiap harinya.

Banyak jenis minuman yang dapat dikonsumsi setiap harinya, mulai dari cairan isotonik maupun cairan berperisa untuk mencukupi asupan cairan harian.

Akan tetapi, air putih menjadi pilihan terbaik untuk biotizen konsumsi dikarenakan bebas kalori dan gula yang tentunya lebih sehat bagi tubuh.

BACA JUGA: Ada Segudang Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Dicoba!

Mengonsumsi air putih setiap hari juga memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat utama dari menjaga tubuh tetap terhidrasi:

1. Melumasi Sendi

Tulang rawan pada sendi dan cakram tulang belakang terdiri dari sekitar 80% air. Kurangnya air dapat mengurangi kemampuan tulang rawan untuk menyerap goncangan, yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan memperburuk kondisi seperti osteoarthritis.

2. Membantu Pembentukan Ludah dan Lendir

Air berperan dalam pembentukan ludah dan lendir yang menjaga kelembaban mulut, hidung, dan mata. Ini penting untuk kesehatan pencernaan dan kebersihan mulut.

BACA JUGA: Biasakanlah Banyak Minum Air Putih di Musim Flu yang Kembali Merebak

3. Menjaga Fungsi Otak dan Meningkatkan Energi

Otak sebagian besar terdiri dari air. Kekurangan air bisa mengurangi kemampuan otak untuk fokus dan mengingat, serta meningkatkan rasa lelah dan kecemasan. Bahkan dehidrasi ringan bisa mempengaruhi fungsi kognitif.

4. Mencegah dan Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala sering kali disebabkan oleh dehidrasi. Minum cukup air bisa mengurangi durasi dan intensitas sakit kepala, sehingga lebih mudah diatasi tanpa obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: