PLN-Komunitas Traccher Konvoi Kendaraan Listrik di Situbondo: Menuju Indonesia Hijau!

PLN-Komunitas Traccher Konvoi Kendaraan Listrik di Situbondo: Menuju Indonesia Hijau!

Revolusi Kendaraan di Situbondo: PLN dan Traccher Ajak Masyarakat Tinggalkan BBM, Beralih ke Listrik!-Media PLN UID Jawa Timur-

SITUBONDO, HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) SITUBONDO menggandeng komunitas Traccher (Taretan SITUBONDO Electric Vehicle Safety Rider).

Mereka menggalakkan sosialisasi penggunaan kendaraan listrik sebagai bagian dari gaya hidup ramah lingkungan (electrifying lifestyle).

Upaya itu dilakukan melalui konvoi motor dan mobil listrik keliling kota Situbondo hingga kawasan wisata Pantai Pathek Kecamatan Panarukan.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari partisipasi dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

BACA JUGA:PLN Jatim Jalin Kerjasama dengan Untag Surabaya Percepat Transisi Energi Menuju NZE 2060

Manajer PLN UP3 Situbondo, Eka Panji Saptaprasetya, menjelaskan bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi atau gas buang, yang sejalan dengan cita-cita pemerintah untuk mengurangi emisi dan menanggulangi perubahan iklim serta pemanasan global.

Lebih lanjut, Eka Panji Saptaprasetya menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara berkala dengan tujuan mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

Di wilayah Situbondo, PLN telah menyediakan infrastruktur kelistrikan berupa tiga stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang terletak di PLN Situbondo, PLN Bondowoso, dan Utama Raya Banyuglugur.

BACA JUGA:PLN Gelar Pelatihan Bank Sampah di Surabaya, Jadi Program Tanggung Jawab Sosial Pelestarian Lingkungan


PLN (Persro) menggandeng Traccher untuk mengampanyekan Electrifying Lifestyle-Media PLN UID Jawa Timur-

Ketua Komunitas Traccher Suhartono mengungkapkan bahwa selain ramah lingkungan, kendaraan listrik juga lebih hemat.

"Mobil listrik dari Situbondo ke Surabaya sejauh 212 kilometer hanya menghabiskan Rp60.000, jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan BBM yang menghabiskan sekitar Rp300.000 sekali jalan ke Surabaya. Sedangkan untuk motor listrik mampu menempuh jarak sejauh 60 kilometer, tapi tergantung kapasitas baterai di setiap jenis motor listrik tersebut," papar Suhartono.

Sebelumnya, PLN UP3 Surabaya Barat juga menggelar talkshow di Radio Suara Muslim untuk memaparkan kemudahan pengisian kendaraan listrik di rumah dengan layanan Home Charging Service.

Layanan Home Charging Service itu ditujukan untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam melakukan pengisian daya di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: