Apakah Benar Silinder atau Astigmatisme Tidak Bisa Diobati?

Apakah Benar Silinder atau Astigmatisme Tidak Bisa Diobati?

Apakah benar silinder atau astigmatisme tidak bisa diobati? --Pinterest

HARIAN DISWAY- Silinder atau astigmatisme adalah kelainan mata yang menyebabkan penglihatan kabur atau buram, baik untuk objek dekat maupun jauh. Hal ini terjadi karena bentuk kornea atau lensa mata yang tidak melengkung sempurna.

Sehingga cahaya tidak terfokus dengan tepat di retina. Banyak orang percaya bahwa astigatisme adlah kondisi yang tidak bisa diobati. Namun, apakah hal ini benar?

Mitos yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa silinder tidak bisa diobati. Hal tersebut berasal dari kesalahpahaman bahwa ondisi ini bersifat permanen tanpa ontervensi medis. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes

Faktanya, silinder dapat diobati dengan berbagai cara, tergantung pada tingkat keparahannya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati silinder:

1. Kacamata

Kacamata adalah cara yang paling umum dan mudah untuk mengobati silinder. Lensa kacamata yang tepat dapat membantu membengkokkan cahaya dengan cara yang benar sehingga fokus di retina, menghasilkan penglihatan yang lebih jelas.
Lensa kacamata yang tepat dapat membantu membengkokkan cahaya dengan cara yang benar sehingga fokus di retina, menghasilkan penglihatan yang lebih jelas. --iStockphoto

2. Lensa Kontak

Lensa kontak juga dapat digunakan untuk mengobati silinder. Lensa kontak bekerja dengan cara yang sama dengan kacamata, yaitu membengkokkan cahaya agar fokus di retina.

BACA JUGA: 7 Cara Efektif Menghilangkan Mata Sembap Setelah Menangis dengan Cepat

Lensa kontak mungkin lebih nyaman bagi beberapa orang dibandingkan kacamata, terutama bagi mereka yang aktif atau berolahraga.

3. Operasi

Operasi refraktif, seperti LASIK (Laser-assisted in situ keratomileusis) atau PRK (Photorefractive keratectomy), dapat digunakan untuk memperbaiki bentuk kornea dan menghilangkan silinder.

Operasi ini biasanya direkomendasikan untuk orang dengan silinder yang parah dan tidak puas dengan kacamata atau lensa kontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: