Dari Kampus ke Meja Redaksi Harian Disway: Merasakan Liputan Persebaya dari Dekat!

Dari Kampus ke Meja Redaksi Harian Disway: Merasakan Liputan Persebaya dari Dekat!

Hilmy Maulana, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya saat magang di Harian Disway.-Dok Pribadi-

Sejak kecil, dunia olahraga, khususnya sepak bola, telah memikat hati saya. Bukan hanya keseruan pertandingannya, tapi juga cerita-cerita di balik layar yang selalu menggelitik rasa ingin tahu. Bagi saya, jurnalistik olahraga adalah gerbang untuk menjelajahi dunia dan menguak kisah-kisah inspiratif itu.

Kesempatan emas itu datang saat saya diterima magang di Harian Disway, media yang didirikan oleh Abah Dahlan Iskan. Kami, peserta magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya disebar di beberapa divisi.

Di sana, saya mendapat tugas di pos olahraga Internasional dan Liga Indonesia. 

Di bawah bimbingan para jurnalis profesional, saya menjelma menjadi Content Writer, merajut kata demi kata untuk menarik minat pembaca.

Salah satu momen paling berkesan adalah ketika menghadiri konferensi pers di Gelora Bung Tomo (Stadion Persebaya).

Di sana, saya berkesempatan mewawancarai langsung pelatih dan pemain Persebaya sebelum pertandingan. Berdiri mereka, rasanya seperti mimpi masa kecil yang baru sekarang jadi nyata.

Keesokan harinya, 24 April 2024, saya mendapat tugas istimewa untuk meliput pertandingan Persebaya melawan Bali United. 

Kali ini, saya ditemani rekan magang, Hasnu, yang bertugas di bagian sosial media. Semangat dan antusiasme Hasnu menular, membuat perjalanan menuju stadion terasa singkat dan penuh canda tawa.

Sesampainya di Gelora Bung Tomo, sorak sorai para suporter menggema, membangkitkan semangat juang kami untuk mengabadikan momen-momen penting dalam pertandingan.

BACA JUGA:Ini 9 Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah di Untag Surabaya Selain Jadi Kampus Tertua di Jawa Timur

BACA JUGA:Mengasah Skill dengan Magang sebagai Pewarta Foto di Harian Disway

Berkat senior saya, Agustinus Fransisco, saya mendapat akses ke tribun VIP untuk meliput pertandingan dengan lebih leluasa. Atmosfernya bikin merinding.


Duel Kasim Botan dengan Ardi Idrus di pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 antara Persebaya vs Bali United-Boy Slamet-Harian Disway

Bersama Hasnu, kami bekerja sama dengan apik. Saya fokus meliput jalannya pertandingan dan mewawancarai pemain, sementara Hasnu mengabadikan momen-momen seru dari berbagai sudut stadion.

Pertandingan berlangsung sengit, penuh drama dan ketegangan. Sayangnya, Persebaya harus mengakui keunggulan Bali United dengan skor akhir 2-0. Kekecewaan menyelimuti para suporter, termasuk saya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: