Tip Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Skintype Anda!

Tip Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Skintype Anda!

Paparan sinar matahari memang membawa manfaat. Seperti membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berlebihan dapat membahayakan kulit dan menyebabkan kulit terbakar, kusam, keriput, hingga kanker kulit. --iStockphoto

HARIAN DISWAY - Paparan sinar matahari memang membawa manfaat. Seperti membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berlebihan dapat membahayakan kulit dan menyebabkan kulit terbakar, kusam, keriput, hingga kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya sangatlah penting. sunscreen bekerja dengan cara melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) A dan B yang berbahaya.

Namun, tahukah Anda bahwa memilih sunscreen yang tepat tidak hanya berdasarkan SPF? Memilih sunscreen yang tepat juga harus disesuaikan dengan jenis kulitmu (skintype). Berikut tip memilih sunscreen dengan tepat sesuai skintype.

BACA JUGA: Ini Tanda Sunscreen yang Tidak Cocok untuk Anda, Perhatikan Reaksi Kulit saat Memakainya

1. Kenali Jenis Kulit

Ada 5 jenis kulit utama, yaitu:
Jenis kulit wajah manusia secara medis sebenarnya terbagi dalam 16 tipe, namun pada umumnya atau secara basic terbagi menjadi 4 tipe kulit, yakni kulit normal, kering, berminyak serta kombinasi. --Pinterest

  • Kulit Normal: Memiliki tekstur yang halus, tidak berminyak, dan tidak kering.
  • Kulit Kering: Memiliki tekstur yang kasar, bersisik, dan mudah iritasi.
  • Kulit Berminyak: Memiliki tekstur yang berkilau dan mudah berjerawat.
  • Kulit Kombinasi: Memiliki tekstur yang berminyak di T-zone (dahi, hidung, dan dagu) dan normal atau kering di area lain.
  • Kulit Sensitif: Mudah iritasi terhadap produk-produk tertentu.

2. Pilih Sunscreen Berdasarkan Skintype


Berbagai produk sunscreen di pasaran berlomba-lomba menawarkan keunggulannya hingga kerap menimbulkan kebingungan ketika harus memilih. Namun, pada dasarnya sunscreen terbaik memiliki beberapa kriteria penting yang perlu dipenuhi. --Pinterest

  • Kulit Normal: Anda bisa memilih sunscreen jenis apapun, baik physical sunscreen (mengandung bahan mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide) atau chemical sunscreen (mengandung bahan kimia organik seperti avobenzone dan oxybenzone).

BACA JUGA: Tip Menggunakan Sunscreen Setelah Pakai Makeup

  • Kulit Kering: Pilihlah sunscreen yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid atau glycerin. Hindari sunscreen yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit semakin kering.
  • Kulit Berminyak: Pilihlah sunscreen yang bertekstur gel atau oil-free agar tidak menyumbat pori-pori. Carilah sunscreen yang mengandung oil control agent, seperti zinc oxide atau niacinamide.
  • Kulit Kombinasi: Pilihlah sunscreen yang bertekstur gel atau lotion untuk area T-zone dan yang lebih creamy untuk area lain. Hindari sunscreen yang mengandung alkohol.

BACA JUGA: Wajib Pakai Sunscreen Sebelum Keluar Rumah, Inilah Daftar Sunscreen Under Rp 50 Ribu

  • Kulit Sensitif: Pilihlah sunscreen yang hypoallergenic dan non-comedogenic, yaitu yang tidak menyumbat pori-pori. Carilah sunscreen yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti chamomile atau aloe vera.

3. Perhatikan Kandungan SPF

SPF menunjukkan tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar UVB. Semakin tinggi SPF, semakin tinggi pula tingkat perlindungannya. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk aktivitas sehari-hari.
SPF sunscreen amat bervariasi, mulai dari 15, 30, hingga 50. Besarnya SPF menentukan kemampuannya dalam menyaring sinar matahari. --Pinterest

SPF minimal 50 untuk aktivitas di luar ruangan yang lama, seperti berenang atau berolahraga.

BACA JUGA: Jangan Irit-Irit, Ini Takaran Memakai Sunscreen yang Benar Menurut Arumi Bachsin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: