Diabetes, Mitos versus Fakta yang Perlu Diketahui

Diabetes, Mitos versus Fakta yang Perlu Diketahui

Ada sejumlah gejala diabetes yang tak biasa -Pinterest-

HARIAN DISWAY - Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum di dunia. Tapi masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat. Memahami perbedaan antara mitos dan fakta sangat penting.

Untuk pengelolaan diabetes yang lebih baik dan mencegah kesalahpahaman yang dapat membahayakan kesehatan. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta seputar diabetes yang perlu diketahui:

Mitos 1: Diabetes disebabkan oleh konsumsi gula berlebihan. Fakta: Meskipun konsumsi gula berlebihan dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko diabetes tipe 2, namun diabetes tidak secara langsung disebabkan oleh gula.

BACA JUGA: 10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes 

Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun di mana tubuh menyerang sel-sel penghasil insulin di pankreas. Diabetes tipe 2 lebih terkait dengan faktor genetik dan gaya hidup, termasuk obesitas dan kurangnya aktivitas fisik.

Mitos 2: Hanya orang gemuk yang bisa mengidap diabetes. Fakta: Meskipun obesitas adalah faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, tidak semua penderita diabetes adalah orang yang kelebihan berat badan.

Diabetes tipe 1 dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang berat badan. Selain itu, ada banyak orang dengan berat badan normal atau di bawah rata-rata yang juga terkena diabetes tipe 2, terutama jika ada riwayat keluarga atau faktor risiko lainnya.

BACA JUGA: Kenali Risiko Diabetes Tipe 2, Pahami Cara Pencegahannya

Mitos 3: Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Fakta: Penderita diabetes masih bisa menikmati makanan manis dalam jumlah terbatas.

Kunci utamanya adalah mengatur porsi dan memilih makanan dengan indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Diet yang seimbang dengan kontrol karbohidrat yang baik merupakan hal yang paling penting.

Mitos 4: Diabetes bisa disembuhkan dengan diet dan olahraga. Fakta: Meskipun diet sehat dan olahraga teratur sangat membantu dalam mengelola diabetes, namun diabetes adalah kondisi kronis yang belum ada obatnya.

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Penderita Diabetes: Kunci Mengontrol Gula Darah 

Perawatan yang tepat dapat membantu mengontrol gejala dan mencegah komplikasi, tetapi tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan penyakit ini.

Mitos 5: Insulin hanya dibutuhkan ketika diabetes sudah parah. Fakta: Banyak penderita diabetes tipe 1 harus menggunakan insulin sejak awal diagnosis, karena tubuh mereka tidak bisa memproduksi insulin sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: