Kisah Lamine Yamal, Bintang Muda Barcelona yang Cetak 2 Rekor dengan Timnas Spanyol

Kisah Lamine Yamal, Bintang Muda Barcelona yang Cetak 2 Rekor dengan Timnas Spanyol

KISAH Lamine Yamal, bintang muda Barcelona yang cetak 2 rekor dengan Timnas Spanyol. Foto: Yamal dalam pertandingan lawan Kroasia, 16 Juni 2024.-John MacDougall -AFP

HARIAN DISWAY - Bagaimana rasanya berusia 16 tahun, dan sudah membawa nama negara di event besar sekelas Piala Eropa? Yang kata Kylian Mbappe saja, levelnya lebih sulit dari Piala Dunia.

Tanyakan kepada Lamine Yamal. Wonderkid Barcelona itu mencetak sejarah besar tadi malam, Sabtu, 15 Juni 2024. Ketika Spanyol menghajar Kroasia 3-0 di Olimpiadestadion Berlin.

Ia menjadi pemain termuda yang pernah bermain dalam sejarah Euro. Yakni 16 tahun 338 hari. Bukan sekadar bermain. Lamine Yamal juga mempertunjukkan penampilan spektakuler sebagai penyerang sayap.

BACA JUGA:Spanyol Hajar Kroasia 3-0, Luis de la Fuente Buktikan Menang Tidak Harus dengan Tiki Taka

Ia berkontribusi dalam gol ketiga Spanyol yang dicetak Dani Carvajal. Membuatnya membukukan rekor lain malam itu. Yakni sebagai pencetak assist termuda dalam sejarah Euro.


KISAH Lamine Yamal, bintang muda Barcelona yang cetak 2 rekor dengan Timnas Spanyol. Foto: Yamal diburu dua gelandang Kroasia, 16 Juni 2024.-John MacDougall -AFP

Dengan gagah berani, ia menghadapi kapten Kroasia Luka Modric yang berusia 38 tahun. Legenda Real Madrid itu berusia 21 tahun ketika Lamine Yamal lahir. Ia sudah memenangkan gelar liga Kroasia untuk kali kedua, dan telah membuat 14 caps untuk timnas Kroasia.

Namun anak muda bernama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana itu membuat usianya seolah tak ada artinya. Ia terus menerobos pertahanan Kroasia. Membantu timnasnya mencatat kemenangan sensasional di pertandingan perdana mereka di Euro 2024.

Ia bahkan bisa dengan mudah mencetak gol sendiri jika Dominik Livakovic tidak tampil gemilang.

BACA JUGA:Spanyol vs Kroasia 3-0: La Roja Pimpin Sementara Grup Neraka Euro 2024

BACA JUGA:Preview Spanyol vs Kroasia: Luis De La Fuente Siap Berjudi dengan Lamine Yamal

Dewasa Sebelum Waktunya

Lamine Yamal lahir di Esplugues de Llobregat. Sebuah wilayah di area metropolitan Barcelona. Pada 13 Juli 2007. Ia berulang tahun ke-17 sehari sebelum final Euro 2024.

Sebelumnya, pemain yang menyandang status termuda di Euro adalah Kacper Kozlowski. Ia adalah gelandang Polandia. Ia berusia 17 tahun 246 hari saat bermain imbang 1-1 di babak penyisihan grup melawan Spanyol pada Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc