Bacaan Doa Niat dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

Bacaan Doa Niat dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

Bacaan niat dan tata cara menyembelih hewan kurban. --ilustrasi

Hewan kurban biasanya berusaha melarikan diri. Untuk itu, hewan kurban yang akan disembelih perlu diikat agar tidak kabur atau melawan selama proses penyembelihan.

3. Menajamkan Pisau

Untuk memastikan hewan tidak merasakan sakit berlebihan, pisau yang digunakan harus diasah hingga sangat tajam. Ini memudahkan pemotongan urat saraf dan mempercepat proses penyembelihan.

BACA JUGA:Momen Iduladha, PDIP Jatim Bantu Rakyat Lewat Distribusi 376 Sapi Kurban

4. Hindari Menajamkan Pisau di Depan Hewan


Mengenal Satrio Bimo yang merupakan sapi Peranakan Ongole dengan bobot 934 kg yang menjadi hewan kurban Jokowi.--Istimewa

Meskipun hewan tidak memiliki akal, tetap penting untuk menjaga agar mereka tidak merasa takut. Salah satunya adalah dengan tidak menajamkan pisau di depan hewan yang akan disembelih.

5. Meletakkan di Tanah

Sebaiknya, hewan kurban yang akan disembelih dalam posisi berbaring, bukan berdiri, untuk menghindari risiko hewan mengamuk atau melarikan diri, yang bisa merepotkan.

6. Menghadap Kiblat

Hewan kurban dan orang yang akan menyembelih tersebut dianjurkan menghadap kiblat saat penyembelihan. Ini melambangkan bahwa segala kebaikan seharusnya mengarah ke kiblat, yang merupakan petunjuk arah bagi umat Muslim di seluruh dunia.

BACA JUGA:Keutamaan dan Manfaat Berkurban untuk Iduladha Bagi Umat Muslim

BACA JUGA:5 Tip Memilih Hewan Kurban yang Baik untuk Iduladha

7. Menyembelih Sendiri

Menyembelih hewan kurban sendiri dianggap lebih afdhal karena dilakukan oleh orang yang berkurban. Namun, jika tidak bisa melakukannya sendiri, bisa meminta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber