Bayu Airlangga Bisa Jadi Penantang Kuat Dominasi Eri-Armuji, Pengamat: Perlu Turun Ke Bahwa Lebih Intensif

Bayu Airlangga Bisa Jadi Penantang Kuat Dominasi Eri-Armuji, Pengamat: Perlu Turun Ke Bahwa Lebih Intensif

Ketua Pro Jokowi Jatim Bayu Airlangga berpotensi menjadi penantang dominasi Eri-Armuji di Pilwali Surabaya-Ist-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bayu Airlangga dinilai sebagai figur baru yang cocok dan mumpuni untuk menjadi Wali Kota SURABAYA pada Pilkada 2024.

Menantu Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019 Sukarwo atau Pak De Karwo ini dinilai bisa menjadi angin segar bagi Kota Pahlawan dan membawanya lebih maju.

Bayu Airlangga dinilai sosok yang bisa "laris" di masyarakat. Apalagi loyalis Pakde Karwo di Surabaya yang bisa dijadikan mesin politik yang cukup kuat.

Ditambah, Bayu merupakan kader Golkar serta Ketua Projo Jatim.

"Kans Bayu dalam hal elektabilitas figur cukup bagus dan menjual baik dalam konteks cawali atau seandainya opsinya dia sebagai cawawali. Jadi kansnya bagus, tinggal Bayu harus kerja keras lebih lagi turun ke bawah," ujar Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair) Fahrul Muzaqqi, Minggu, 16 Juni 2024.

BACA JUGA:Susul Eri-Armuji, Bayu Airlangga Daftar Ke DPD PSI Untuk Bacawali Surabaya 2024


Bayu Airlangga (kedua kanan) saat menyerahkan berkas ke pengurus DPD PSI Jatim, Rabu 12 Juni 2024-Michael Fredy Yacob-

Menurutnya, Bayu juga harus bisa merepresentasikan dirinya sebagai pemimpin pro rakyat cilik seperti Pakde Karwo.

Bayu juga sudah mengenyam pengalaman sebagai legislatif selama beberapa tahun di DPRD Jawa Timur. 

Fahrul menyebut faktor konstelasi politik Nasional bakal menguntungkan bagi Bayu. Namun dengan catatan apabila Ketua Projo Jatim ini mendapat rekomendasi maju Pilwali Surabaya 2024 dari partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Di daerah besar itu ada kecenderungan minimnya penantang yang potensial. Jadi munculnya figur Bayu Airlangga melalui partai-partai di KIM nanti bisa menjadi harapan baru yang bisa menjadi opsi bagi masyarakat di samping petahana Eri Cahyadi," jelasnya.

BACA JUGA:Survey ARCI Elektabilitas Eri-Armuji dan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya 2024

Ia menyebut, kondisi saat ini di kota besar seperti Surabaya akan mendapat momentum konstelasi pilpres yang akan terbawa di level pilkada.

Bayu sebagai salah satu ketua elemen Projo yang turut memenangkan Prabowo-Gibran di Surabaya dan secara luas di Jatim harus bisa mengambil momentum tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: