Preview Serbia vs Inggris: Hati-Hati, Orlovi Bisa Bikin Three Lions Sakit Hati!

Preview Serbia vs Inggris: Hati-Hati, Orlovi Bisa Bikin Three Lions Sakit Hati!

PREVIEW Serbia vs Inggris: Hati-Hati, Orlovi bisa bikin Three Lions sakit hati! Foto: Jude Bellingham dan pemain timnas Inggris berlatih di Gelsenkirchen, 15 Juni 2024. -Adrian Dennis-AFP

Warga Inggris jelas masih ingat realitas yang terjadi di Stadion Wembley hampir tiga tahun lalu. Tendangan voli spektakuler Luke Shaw mengirim Inggris menuju kejayaan Eropa sebelum Italia mendapatkan penalti yang membuat Inggris menangis.


PREVIEW Serbia vs Inggris: Hati-Hati, Orlovi bisa bikin Three Lions sakit hati! Foto: Gareth Southgate memimpin latihan Timnas Inggris di Gelsenkirchen, 15 Juni 2024. -Adrian Dennis-AFP

Gareth Southgate yang menukangi Inggris waktu itu. Namun, meski ia kerap menerima kritik atas pendekatan taktisnya, ia tetap dipercaya FA (PSSI-nya Inggris) untuk terus melatih Jude Bellingham dkk.

Setelah tersingkir dari Prancis di perempat final Piala Dunia 2022, Souhgate berhasil mendongkrak performa anak buahnya. Mereka sukses mengarungi kualifikasi Euro tanpa terkalahkan. Bahkan dua kali membalas kekalahan terhadap Italia, sang juara bertahan Euro 2020.

BACA JUGA:Intip Base Camp Mewah Timnas Inggris di Euro 2024: Ada 2 Lapangan Golf, Sepak Bola, dan Spa

Namun, setelah kualifikasi pula, penampilan The Three Lions malah menurun. Inggris hanya mengantungi satu kemenangan dari lima laga terakhir. Yakni menang 3-0 atas Bosnia-Herzegovina dalam uji coba.

Sejak akhir November, mereka hanya mencatat hasil imbang dengan Macedonia Utara dan Belgia. Lalu kalah 0-1 dari Islandia dan Brasil. Inggris keihatannya terengah-engah dan sulit menang apa karena kurangnya naluri membunuh.

Tentu saja, Gareth Southgate menggunakan ajang uji coba untuk utak-atik skuad. Dan sejak pertandingan pembuka Euro 2004 melawan Prancis, Inggris (yang menghadapi Serbia untuk kali pertama sejak pecahnya Yugoslavia) tidak pernah dikalahkan di babak grup. Tapi bahkan statistik itu mungkin tidak menenangkan The Three Lions.

BACA JUGA:Bellingham Pimpin Inggris Patahkan Kutukan Euro 2024: Pasukan Termahal yang Selalu Sial!

BACA JUGA:Inggris vs Islandia 0-1: Sepekan Jelang Euro 2024, The Three Lions Dapat Pukulan Telak

Southgate sangat paham timnya memiliki beban berat. Di satu sisi masuk daftar unggulan juara. Tapi, di sisi lain, diragukan kapasitasnya sebagai favorit.


PREVIEW Serbia vs Inggris: Hati-Hati, Orlovi bisa bikin Three Lions sakit hati! Foto: Gareth Southgate dalam konferensi pers di Gelsenkirchen, 15 Juni 2024. -Adrian Dennis-AFP

"Anda lihat bagaimana Jerman bermain di pembukaan (menang 5-1 atas Austria, Red). Lalu bagaimana Spanyol bermain (menghancurkan Kroasia 3-0). Ya seperti itulah," kata Southgate kepada TalkSport.

"Banyak tim bagus di turnamen ini. Kami harus tampil luar biasa untuk lolos dari fase grup, dan melaju jauh," jelasnya. "Pokoknya prioritas kami lolos ke babak knockout dulu," papar pelatih 53 tahun tersebut.

BACA JUGA:Menakar Kandidat Raja Eropa di Euro 2024: Mourinho Jagokan Timnas Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc