Skema Murur, Kunci Kesuksesan Mobilisasi Jemaah Haji Pada Fase Armuzna

Skema Murur, Kunci Kesuksesan Mobilisasi Jemaah Haji Pada Fase Armuzna

Kondisi di Muzdalifah pada Minggu pagi, 16 Juni 20204, pukul 07.30. Seluruh jamaah sudah bergeser ke Mina. --Media Center Haji


Protes Menag atas permasalahan Muzdalifah dan Mina diterima Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. -kemenag-

"Sukses pergerakan jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina menjadi concern Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Sejak awal, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga sudah meminta PPIH untuk melakukan langkah antisipasi dini," kata Hilman.  

BACA JUGA:Otoritas Haji Akan Pakai Sistem Murur di Muzdalifah: Tidak Perlu Menginap, Cukup Lewat Saja

Menurutnya, setidaknya ada tiga ikhtiar yang dilakukan PPIH, yaitu: penerapan skema murur, penguatan koordinasi lintas pihak, serta penyiapan kesiagaan petugas haji. 


Tim Poskes Kementerian Kesehatan mendistribusikan air minum di Muzdalifah saat jamaah menunggu jemputan bus ke Mina-Kemenkes-

“Antisipasi keterlambatan pergerakan jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina terus kita ikhtiar. Alhamdulillah, kemarin berjalan sukses dan berhasil,” sebut Hilman.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh petugas yang disiplin melakukan tugas di pos nya masing-masing dengan segala dinamika dan situasi yang dihadapi di lokasi. Namun, tugas kita belum selesai. Semua petugas harus memastikan layanan di Mina agar sesuai dengan yang direncanakan. Ini menuntut kedisiplinan dan koordinasi petugas,” sambungnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: