Bangga! Maryam March Maharani Judoka Pertama yang Lolos ke Olimpiade Setelah 12 Tahun

Bangga! Maryam March Maharani Judoka Pertama yang Lolos ke Olimpiade Setelah 12 Tahun

Maryam March Maharani Judoka Pertama yang Lolos ke Olimpiade Setelah 12 Tahun-Komite Olimpiade Indonesia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Maryam March Maharani mengantongi tiket ke Olimpiade Paris 2024. Atlet yang akrab disapa Rani itu menjadi judoka Indonesia pertama yang ke Olimpiade setelah 12 tahun.

Kabar itu diumumkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Rabu, 27 Juni 2024. Rani menjadi atlet ke-24 dari 27 yang lolos ke Paris terhitung. Dia juga menjadi satu-satu atlet dari cabor bela diri dari 11 cabor yang telah melalui kualifikasi.

"Berdasarkan surat resmi yang dikirimkan International Judo Federation (IJF) kepada KOI, atlet Judo Maryam March Maharani berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui kualifikasi kuota kontinental Asia di nomor Women’s -52 kg," tulis keterangan resmi KOI.

BACA JUGA:Fixed! Lalu M Zohri Berangkat Olimpiade Meski Tak Lolos Kualifikasi, Lewat Jalur Ini

Rani berhasil mendapatkan tiket setelah menempati peringkat keenam Asia. Ia mengumpulkan 827 poin.

"Semoga di sisa waktu sampai nanti, entry by name tanggal 8 Juli masih ada tambahan atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024," Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum KOI.

"Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia supaya bisa memberikan hasil yang maksimal di Paris," tambahnya.

Cabor judo sendiri resmi masuk Olimpiade mula edisi 1964 yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Indonesia pertama kali mengikuti judo di Olimpiade Barcelona 1992.

BACA JUGA:Munas PBSI Tunggu Hasil Olimpiade 2024? Ini Jawaban Tim Penjaringan

BACA JUGA:Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah Lolos, Panjat Tebing Tambah 2 Wakil ke Olimpiade

Kala itu Indonesia mengirim empat judoka. Mereka adalah Wahid Yudhi Sulistianto, Hangky Pie, Helena Miagian Papilaya, dan Pujawati Utama.

Kemudian Krisna Baru mewakili Indonesia di Olimpiade Atlanta 1996. Krisna tampil di tiga edisi beruntun Olimpiade. Masing-masing di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004. Saat di Sydney, Krisna ditemani oleh Aprilia Marzuki.

BACA JUGA:Wow! Siaran Langsung Olimpiade Paris 2024 Dilakukan dengan Samsung Galaxy S24 Ultra

Olimpiade London 2012 menjadi kali terakhir judoka Indonesia tampil. Saat itu Indonesia mengirimkan Putu Wiradamungga pada kelas Men’s -81 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: koi