Fixed! Lalu M Zohri Berangkat Olimpiade Meski Tak Lolos Kualifikasi, Lewat Jalur Ini

Fixed! Lalu M Zohri Berangkat Olimpiade Meski Tak Lolos Kualifikasi, Lewat Jalur Ini

Lalu Muhammad Zohri-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Lalu M Zohri dipastikan tampil di Olimpiade Paris 2024. Zohri mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 dari alokasi University Quota Place.

Ini bakal menjadi partisipasi kedua Zohri dalam multievent empat tahunan yang sangat bergengsi tersebut. Ia sudah pernah terjun dalam Olimpiade Tokyo 2020. Ia belum mampu lolos ke semifinal setelah mencatatkan waktu 10,26 detik.

"Lalu Muhammad Zohri lolos menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga atletik nomor Men’s 100m melalui alokasi University Place. Ini merupakan kali kedua Zohri tampil di Olimpiade," tulis unggahan akun media sosial Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

BACA JUGA:PB PASI Kirim Zohri dan Odekta Naibaho ke Olimpiade Paris 2024

PB PASI memilih Zohri untuk memenuhi University Quota Place. Kuota tersebut disebut juga dengan wildcard. Sebab, Zohri tidak lolos dalam kualifikasi.

Ini berbeda dengan kelolosan Zohri pada Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, Zohri berhasil mencapai limit waktu 10,05 detik. Zohri mencatatkan waktu 10,03 detik di Seiko Golden Grand Prix di Osaka, Jepang, pada 2019.

Dengan catatan waktu tersebut, Zohri pun mendapat gelar Manusia Tercepat di Asia Tenggara. Ia memecahkan rekor nasional milik Suryo Agung Wibowo yang memiliki catatan waktu 10,17 detik pada 2009.


Lalu Muhammad Zohri tembus ke Semifinal Asian Games 2022/2023-ilustrasi-Berbagai sumber

BACA JUGA:Zohri Kenakan Sepatu AZA by Jackson Black Classic

BACA JUGA:Lalu M. Zohri Batal Tampil di Final 100m Karena Cedera

Nah, limit 100 meter di Olimpiade Paris 2024 lebih berat. Kategori putra harus berlari di bawah 10 detik. Sedangkan untuk untuk putri limitnya adalah 11,07 detik.

Di Asia Tenggara, belum ada sprinter yang mencapai waktu di bawah 10 detik. Rekor Zohri itu tadi masih menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Saat Olimpiade Tokyo 2020, Zohri tampil di heat keempat. Sprinter asal Lombok, NTB itu finis di posisi kelima dengan catatan waktu 10,26 detik. Untuk bisa lolos ke semifinal, hanya posisi ketiga teratas dari tiap heat.

BACA JUGA:Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Kawinkan Emas Maraton di SEA Games 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: