Bukan Rahasia Lagi, Ini Manfaat Minyak Kemiri Bakar untuk Kesehatan Rambut dan Membuatnya Berkilau

Bukan Rahasia Lagi, Ini Manfaat Minyak Kemiri Bakar untuk Kesehatan Rambut dan Membuatnya Berkilau

HARIAN DISWAY - Minyak kemiri bakar merupakan bahan alami yang dikenal sejak lama untuk merawat kesehatan rambut agar lebih berkilau. Tidak hanya bermanfaat untuk memberikan kilau alami pada rambut.

Tetapi minyak ini memberikan manfaat kesehatan yang mendalam. Minyak kemiri ini dapat membantu mengatasi rambut kering dan rapuh, membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau, serta membantu menjaga kelembapan alami rambut. 

Penggunaan Minyak kemiri bakar ini sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri yang sudah dipanaskan ke rambut dan kulit kepala, diamkan beberapa saat, kemudian dicuci bersih. 

BACA JUGA: 5 Bahan Alami Meluruskan Rambut 

Rahasia! Manfaat minyak kemiri bakar untuk kesehatan rambut berkilau. --Pinterest

Masih banyak manfaat utama minyak kemiri bakar untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut yang banyak diidamkan oleh wanita. Yuk kita pelajari lebih jauh agar makin mantap untuk menggunakannya. 

1. Nutrisi yang Kaya

Minyak kemiri bakar mengandung nutrisi penting seperti asam lemak omega 9 dan omega 6 serta vitamin E. Kombinasi ini memberikan kelembapan yang optimal untuk rambut, menjaga agar rambut tetap lembut dan tidak kering. 

2. Mendorong Pertumbuhan Rambut

Vitamin E dalam minyak kemiri bakar tidak hanya baik untuk melembapkan rambut tetapi juga merangsang pertumbuhan rambut baru. Kandungan antioksidan dalam vitamin E sangat baik untuk membuat kulit kepala tetap sehat.

BACA JUGA: Kemarau Tiba, Ini Tip Efektif Merawat Rambut di Tengah Cuaca Terik

Ini terutama penting bagi mereka yang mengalami masalah penipisan rambut atau kerontokan yang berlebihan.  Anda dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dan membuat pertumbuhan yang lebih sehat.

3. Perlindungan Alami

Minyak kemiri bakar juga berfungsi sebagai lapisan perlindungan alami untuk rambut Anda. Ini membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan panas berlebihan dari alat styling

Dengan menggunakan minyak ini sebagai perawatan rutin sebelum Anda terpapar faktor-faktor tersebut, Anda dapat meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan.

4. Menghitamkan Rambut Secara Alami

Minyak kemiri bakar telah dikenal efektif dalam membantu menghitamkan rambut secara alami dengan nutrisi alami yang terserap oleh batang rambut. Mengoleskannya secara rutin akan membuat rambut Anda menjadi semakin hitam lebat

BACA JUGA: Ada 5 Kandungan Vitamin dalam Baby Hair Regrowth Booster yang Ampuh Pertahankan Kesehatan Rambut

5. Mengatasi Penuaan Dini Pada Rambut

Minyak kemiri bakar dapat mengatasi penuaan dini pada rambut, karena kandungan vitamin dan antioksidannya membantu menjaga kelembapan dan mengurangi kerusakan.

6. Meluruskan Rambut Secara Alami

Kandungan nutrisi alami yang kaya yang terdapat di minyak kemiri bakar dapat digunakan untuk meluruskan rambut secara alami, meningkatkan kelembutan, dan mengurangi kusut tanpa merusak struktur rambut.

Salah satu keuntungan besar dari minyak kemiri bakar adalah kemudahan penggunaannya. Anda hanya perlu menghangatkannya sedikit dan mengoleskannya merata dari akar hingga ujung rambut. 

BACA JUGA: Jangan Salah Pilih! Ini 5 Perbedaan Smoothing dan Rebonding, Mana yang Cocok Untuk Rambut Anda?

Diamkan beberapa saat agar minyak dapat meresap dengan baik ke dalam kulit kepala dan helai rambut sebelum Anda mencucinya. Penggunaan secara teratur akan memberikan hasil yang lebih baik untuk kesehatan dan penampilan rambut Anda. (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: