5 Strategi Praktis Ini Bisa Selamatkan Kesehatan Anda dari Bahaya Duduk Lama

5 Strategi Praktis Ini Bisa Selamatkan Kesehatan Anda dari Bahaya Duduk Lama

Duduk terlalu lama telah terbukti berisiko bagi kesehatan, menyebabkan masalah seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan bahkan kematian dini. -pinterest-

HARIAN DISWAY - Gaya hidup modern yang cenderung menetap, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor atau sering menggunakan komputer dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Duduk terlalu lama telah terbukti berisiko bagi kesehatan.

Misalnya bisa menyebabkan masalah seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan bahkan kematian dini. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan menerapkan strategi yang dapat membantu mengurangi dampak negatifnya.

Jadi sejak sekarang sebaiknya Anda jangan menyepelekan dari duduk terlalu lama ya. Jangan khawatir, ada lima strategi praktis yang harus Anda ketahui sekaligus harus diikuti untuk menjaga kesehatan Anda.

BACA JUGA: 10 Gerakan Peregangan Ringan yang Cocok Dilakukan di Kantor, Bisa sambil Duduk di Kursi lho, Apa Saja? 

1. Berdiri dan Bergerak Setiap Jam

Salah satu cara paling efektif untuk melawan efek buruk duduk lama adalah dengan berdiri dan bergerak setiap jam. Jika perlu aturlah pengingat di ponsel atau komputer dapat membantu Anda ingat untuk bangun dan bergerak.

Cobalah berjalan-jalan sebentar, meregangkan otot, atau melakukan latihan ringan selama beberapa menit. Aktivitas singkat ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi ketegangan otot, dan membantu membakar kalori.

2. Gunakan Meja Berdiri


Meja berdiri atau standing desk adalah alternatif yang baik bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer. -pinterest-

Meja berdiri atau standing desk adalah alternatif yang baik bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Dengan menggunakan meja berdiri, Anda dapat bergantian antara duduk dan berdiri sepanjang hari.

BACA JUGA: Luangkan Waktu 30 Menit untuk Short Nap, Bisakah Tidur Siang Singkat di Kantor?

Meja berdiri yang diatur ketinggiannya memungkinkan Anda untuk menyesuaikan posisi kerja sesuai kebutuhan. Menggunakan meja berdiri dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan duduk lama.

3. Lakukan Latihan Peregangan

Melakukan peregangan secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Latihan peregangan sederhana seperti memutar bahu, meregangkan punggung, dan merentangkan kaki di tempat kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: