Anak Berkebutuhan Khusus di Sidoarjo Disiapkan Jadi Duta Lingkungan

Anak Berkebutuhan Khusus di Sidoarjo Disiapkan Jadi Duta Lingkungan

Kegiatan Yayasan Peduli ABK Sidoarjo yang mempersipkan ABK menjadi Duta lingkungan, Why Not?-Dok-Harian Disway

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Yayasan Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SIDOARJO mempersiapkan anak asuh mereka untuk menjadi duta lingkungan.

Dalam pelaksanaannya, Yayasan bekerjasama dengan Sekolah MI Darul Ulum Tambakrejo Sidoarjo Jawa Timur.

Setidaknya ada 20 ABK dan siswa MI Darul Ulum yang dilibatkan. Acara sekaligus menjadi inisiasi desa kreatif inklusif. Sebab melibatkan beberapa unsur termasuk pemerintah desa dan stakeholder terkait.

Acara bertajuk ABK Jadi Duta Lingkungan, Why Not? itu sukses terselenggara pada Minggu, 30 Juni 2024. Seluruh peserta antusias mengikuti acara. 

BACA JUGA:Ajak Anak Autis Lebih Percaya Diri, Rumah Anak Prestasi Gratis Bagi Warga Surabaya


Kegiatan Yayasan Peduli ABK Sidoarjo yang mempersipkan ABK menjadi Duta lingkungan, Why Not?-Wulan Yanuarwati -Harian Disway

"Jadi ini bentuknya persiapan ABK sebagai duta lingkungan. Mereka juga bisa. Kami juga mengikutsertakan anak reguler dari MI Darul Ulum," ujar Founder Yayasan Peduli ABK Sidoarjo Sawitri Retnohadiati disela-sela acara.

Kegiatan terbagi menjadi beberapa kelas yang diawali teori di dalam kelas. Mereka diberi beberapa pertanyaan sederhana mengenai lingkungan. Serta bagaimana berperan menjadi duta lingkungan di lingkup terkecil sekalipun.

Kemudian dilanjutkan ada kelas praktek di halaman sekolah. Ditambah kelas langsung di bantaran sungai dekat dengan sekolah. Mereka diajak untuk mencari material daun yang sudah jatuh dan batu merikil untuk dijadikan karya seni.

BACA JUGA:Rumah Anak Prestasi Surabaya Bisa Dimanfaatkan Anak-Anak Disabilitas Untuk Belajar dan Menjalani Terapi

"Anak-anak diminta berpikir kritis dengan membandingkan hubungan tanaman dan binatang yang di halaman sekolah dan di bantaran sungai," jelasnya. 

Kelas tersebut tidak berhenti di situ. Setelah ini akan diajari memantau lingkungan tercemar atau tidak. Dan selanjutnya diajarkan pelaporan data yang dihimpun untuk bisa diunggah di sosial media juga. 

Kegiatan bersifat swadaya bersama, saling membantu. Para orangtua tidak dibebankan biaya. Dalam hal ini melibatkan siswa non ABK juga ada tujuan tertentu.


Kegiatan Yayasan Peduli ABK Sidoarjo yang mempersipkan ABK menjadi Duta lingkungan, Why Not?-Wulan Yanuarwati -Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: