Mert Gunok Jadi Pahlawan Turkiye Saat Kalahkan Austria di 16 Besar Euro 2024, Disamakan Gordon Banks

Mert Gunok Jadi Pahlawan Turkiye Saat Kalahkan Austria di 16 Besar Euro 2024, Disamakan Gordon Banks

MERT GUNOK jadi pahlawan Turkiye saat mengalahkan Austria, disamakan dengan Gordon Banks. Kok bisa? -Angelos TZORTZINIS-AFP

HARIAN DISWAY - Merih Demiral memang mencetak dua gol buat Turkiye saat mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 Besar Euro 2024 dini hari tadi.

Dua gol itu mengantar Si Bulan Sabit (sebutan Turkiye) melaju ke perempat final Euro untuk kali pertama dalam 16 tahun. Namun, ia bukan satu-satunya pahlawan Turkiye. Sebutan hero juga harus disematkan kepada kiper Turkiye, Mert Gunok.

Penyelamatannya pada menit ke 90+4 menggagalkan peluang Austria untuk menyamakan kedudukan. Dan penyelamatan itu indah, sangat indah. Sampai-sampai disamakan dengan penyelamatan Gordon Banks, kiper legendaris Inggris.

BACA JUGA:Austria vs Turkiye 1-2: Balas Dendam Manis Bawa Arda Guler dkk ke Perempat Final Euro 2024

Pada Piala Dunia 1970, Gordon Banks menyelamatkan gawangnya dari serangan Pele. Tepatnya di sebuah pertandingan fase grup. Inggris memang kalah dalam laga itu. Tapi, aksi Gordon Banks disebut-sebut sebagai penyelamatan terbaik abad ini.


PAHLAWAN Turkiye saat kalahkan Austria di 16 Besar Euro 2024: Mert Gunok. Ia menyelamatkan gawang dari Christoph Baumgartner dengan cara istimewa.-John MacDougall -AFP

Lalu, apakah penyelamatan Mert Gunok layak disejajarkan dengan peristiwa legendaris itu?

Well, mari kita lihat. Aksi Mert Gunok terjadi di bawah guyuran hujan lebat di Red Bull Arena, Leipzig. Situasinya, Turkiye 2-1. Wasit memberikan injury time 4 menit.

Austria begitu ngotot menyamakan kedudukan. Selama babak kedua, mereka menggempur terus. Dan sudah berhasil mencetak satu gol di menit ke-66. Kini, tinggal mencetak gol kedua untuk memaksakan babak perpanjangan waktu.

BACA JUGA:Super Panas! Laga Turkiye vs Rep Ceko Catat Rekor 18 Kartu Kuning dan 2 Kartu Merah, Siapa Saja?

BACA JUGA:Euro 2024: Turkiye Menang Dramatis 2-1, Kapten Ceko Kecewa

Nah, memasuki menit ke-94, Austria melancarkan serangan terakhir. Bola tiba di kotak penalti Turkiye, diterima Alexander Prass menerima bola. Karena dikepung, ia melemparnya ke Christophe Baumgartner yang sudah berdiri di depan gawang Gunok.

Baumgartner menyundul bola ke sisi kanan gawang dari jarak dekat. Sekilas, pemain Austria yakin bola itu masuk.

Tiba-tiba, Mert Gunok menjatuhkan diri ke kanan, dan meninju bola dengan tangan kanan yang terentang. Beberapa detik kemudian, peluit panjang berbunyi. Turkiye lolos ke 8 besar. Dan Gunok mendapatkan pelukan hangat dari teman-temannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc