Konsisten Dorong Kemajuan UMKM dan Brand Lokal, Shopee Perluas Akses Produk Lokal ke Berbagai Pulau di Indonesia

Konsisten Dorong Kemajuan UMKM dan Brand Lokal, Shopee Perluas Akses Produk Lokal ke Berbagai Pulau di Indonesia

Shopee bagikan tren produk lokal paling dicari pengguna di berbagai pulau di Indonesia untuk mendorong produk lokal semakin dicintai-Ilustrasi: lifeforstock on Freepik-

Animo pengguna Shopee di berbagai pulau Indonesia dalam berburu produk incaran juga terlihat dari tren produk lokal paling dicari. Jika dilihat dari sudut pandang geografis dan terbagi berdasarkan letak wilayah dan waktu.

  • Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Sumatera hingga Jawa
    Dimulai dari ujung Barat Indonesia, berbagai produk Fashion seperti Celana Perempuan, dan Batik menjadi ragam produk lokal yang paling banyak dibeli masyarakat seiring pesatnya perkembangan tren fashion di dua pulau ini. Menariknya, kuliner khas seperti cemilan Keripik Pisang dari kategori Food & Beverage tak kalah ketinggalan mendominasi produk terlaris di tahun ini.

  • Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA): Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara
    Beralih ke sisi Tengah Indonesia, sebagai pulau-pulau yang terkenal dengan tempat wisatanya, produk dari kategori Kecantikan seperti Sunscreen menjadi produk paling dicari oleh masyarakat saat ini. Sepertinya tengah tahun ini memang menjadi waktu terbaik untuk menyambut musim liburan, karena produk dari kategori Fashion dan Aksesoris, seperti Sandal dan Kacamata juga menjadi daftar pencarian tertinggi.

  • Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT): Maluku & Papua 
    Mengikuti kemajuan era digital saat ini, kebutuhan akan produk berteknologi tinggi dari kategori Handphone dan Aksesoris seperti Case HP menjadi produk yang paling dicari masyarakat di pulau yang berada di ufuk Timur Indonesia. Tak ketinggalan, kebutuhan Home & Living, seperti Rak Piring dan Gorden untuk Jendela turut menjadi daftar produk yang paling dicari di pertengahan tahun ini.

BACA JUGA: Inilah Hasil Riset IPSOS! Shopee Jadi E-Commerce yang Paling Direkomendasikan Konsumen

Tidak hanya dalam negeri, demi meraih pangsa pasar global melalui digital yang inklusif, Shopee juga menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Ekspor di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara.

Tak berhenti disitu, pencapaian positif ini terus berlanjut di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Dengan demikian, pertengahan tahun 2024 menjadi bukti, Shopee tidak hanya menjadi tempat untuk berbelanja secara online, tetapi juga menjadi ruang perubahan yang aktif dalam membangun ekosistem bisnis lokal yang kuat dan berkelanjutan di seluruh Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: