Profil Mikel Merino, Supersub Spanyol yang Bawa La Furia Roja ke Semifinal Euro 2024

Profil Mikel Merino, Supersub Spanyol yang Bawa La Furia Roja ke Semifinal Euro 2024

PROFIL Mikel Merino, supersub Spanyol yang bawa La Furia Roja ke semifinal Euro 2024. Foto: selebrasi Merino setelah menjebol gawang Jerman, 6 Juli 2024.-Tobias Schwarz-AFP

HARIAN DISWAY - Spanyol melangkah ke semifinal Euro 2024. La Furia Roja (sebutan Spanyol) mengalahkan Jerman 2-1 dalam perempat final yang digeber di MHP Arena, Stuttgart, 6 Juli 2024.

Gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Mikel Merino di saat-saat yang tak terduga. Setelah pertandingan berakhir 1-1 di waktu normal, laga Spanyol vs Jerman harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Dan selama hampir 28 menit, keduanya sama-sama tidak ada yang berhasil mencetak gol. Jerman memang menekan terus. Tapi tak ada peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

BACA JUGA:Portugal vs Prancis 0-0 (3-5): Les Bleus Tantang Spanyol di Semifinal Euro 2024

Nah, petaka buat Jerman datang pada menit ke-119. Setelah header Niclas Fullkrug digagalkan oleh kiper Spanyol Unai Simon, Spanyol melancarkan serangan balik.


PROFIL Mikel Merino, supersub Spanyol yang bawa La Furia Roja ke semifinal Euro 2024. Foto: aksi Merino mencetak gol di menit ke-119.-Fabrice Coffrini-AFP

Dani Olmo mengontrol bola dari sayap kiri. Ia mengoper bola ke kaki kanannya, lalu mengirim umpan silang melengkung ke kotak penalti. Mikel Merino ada di sana. Ia melompat, dan melancarkan sundulan ke sisi kiri kiper Manuel Neuer. Gol, 2-1 untuk Spanyol.

"Semuanya terjadi dalam satu milidetik," ungkap Merino, dalam wawancara dengan situs resmi UEFA. "Segera setelah aku melihat Dani [Olmo] menguasai bola, aku tahu ia, dengan kualitasnya yang luar biasa, akan memberikan umpan silang yang luar biasa," paparnya.

BACA JUGA:Spanyol vs Jerman: Pertempuran Rekan Setim, Joselu Ingin Akhiri Karir Kroos di Euro 2024

Gelandang Real Sociedad itu menyatakan, ia sangat percaya pada Dani Olmo. Ia berlari di belakang bek tengah Jerman Antonio Rüdiger, dan bolanya benar-benar sempurna.

"Aku hanya perlu berlari, melompat, dan mengarahkan sundulan. Sisanya (aku menciptakan sejarah!," serunya gembira.

Setelah gol itu terjadi, stadion meledak oleh sorak sorai suporter Spanyol. Padahal, jumlah mereka tidak sampai separonya pendukung tuan rumah. Namun, mereka bisa membuat puluhan ribu fans Die Mannschaft (sebutan Jerman) terdiam.

"Aku harus jujur. Selama dua detik pertama, aku tidak menyadari apa yang terjadi. Aku tidak mendengar apa pun... hening total," paparnya.

BACA JUGA:Jerman vs Spanyol di Perempat Final Euro 2024: Jamal vs Yamal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa