Copa America 2024: Kanada Bertemu Argentina di Semifinal Usai Menang Drama Adu Penalti Lawan Venezuela

Copa America 2024: Kanada Bertemu Argentina di Semifinal Usai Menang Drama Adu Penalti Lawan Venezuela

Kanada kalahkan Venezuela lewat adu penalti untuk melaju ke semifinal Copa Amerika.--Instagram @canmnt

HARIAN DISWAY Kanada berhasil melaju ke semifinal Copa America 2024 setelah mengalahkan Venezuela dalam drama adu penalti dengan skor 4-3, setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal. Pertandingan yang berlangsung di Stadion AT&T, Texas, pada Sabtu, 6 Juli pagi WIB ini memastikan Kanada bertemu dengan Argentina di babak semifinal.

Jalannya pertandingan

Tim Kanada menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi sejak awal pertandingan. Di bawah arahan Jesse Marsch, mereka mengandalkan serangan dari sayap, terutama sisi kanan. Pola permainan ini berhasil membawa Kanada unggul di menit ke-13.

Richie Laryea, dari sisi kanan, memberikan umpan yang kemudian diteruskan oleh Jonathan David kepada Jacob Shaffelburg untuk mencetak gol pertama.

Skema serangan ini hampir saja menghasilkan gol kedua bagi Kanada. Pada menit ke-24, Richie Laryea kembali mengirimkan umpan dari sisi kanan yang disambut oleh Jacob Shaffelburg. Namun, kiper Venezuela, Rafael Romo, berhasil menggagalkan upaya tersebut.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Pensiun dari Timnas Portugal? Begini Kata Roberto Martinez

Selain serangan yang dibangun dari belakang, Kanada juga memanfaatkan serangan balik dengan baik. Lagi-lagi berawal dari aksi Richie Laryea, yang memberikan bola kepada Jonathan David.

Namun, Rafael Romo kembali tampil gemilang dengan menghentikan serangan meski situasi sudah satu lawan satu. Skor 1-0 untuk Kanada bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Kanada masih mendominasi permainan, sementara Venezuela kesulitan menemukan celah untuk menyerang. Mereka mencoba peruntungan melalui serangan balik. Akhirnya, Venezuela mampu memanfaatkan peluang kecil yang ada.

Di menit ke-64, striker mereka, Solomon Rondon, mencetak gol spektakuler. Gol tersebut bermula dari lemparan ke dalam oleh Kanada di wilayah Venezuela.

Setelah kemelut di kotak penalti, pemain Venezuela, Jon Aramburu, menyapu bola, dan Rondon yang memenangkan duel langsung menendang bola dari tengah lapangan, menaklukkan kiper Kanada, Maxime Crepeau.

Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal. Sesuai regulasi Copa America 2024, hasil imbang di fase gugur sebelum final langsung dilanjutkan ke adu penalti tanpa babak tambahan.

Dalam adu penalti, tiga pemain Venezuela gagal: Yangel Herrera, Jefferson Saravino, dan Wilker Angel. Kiper Kanada, Maxime Crepeau, berhasil menepis dua tendangan terakhir. Sementara itu, di pihak Kanada, hanya dua penendang yang gagal, yaitu Liam Millar dan Stephen Antunes.

Kemenangan ini membuat Kanada, yang baru pertama kali tampil di Copa America, maju ke semifinal untuk menghadapi juara bertahan, Argentina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: