Cara Cegah Stroke dan Penyakit Jantung dengan Minyak Zaitun

Cara Cegah Stroke dan Penyakit Jantung dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah stroke hingga menurunkan risiko penyakit jantung. --Pinterest

HARIAN DISWAY  Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah stroke hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Tak heran jika minyak zaitun kerap diburu sebagai alternatif untuk menggantikan minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit. 

Minyak zaitun mengandung 73 % lemak tak jenuh tunggal yang dikenal sebagai asam oleat.

Selain asam lemak, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan K serta kaya akan antioksidan yang kuat.

Antioksidan ini diyakini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, melawan peradangan, dan melindungi kolesterol darah dari oksidasi.

Berdasarkan penelitian pada 841.000 orang, minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terbukti berkaitan dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung. 

BACA JUGA:Waspada, Musim Panas Tingkatkan Risiko Stroke, Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Konsumsi Minyak Zaitun Tiap Hari Bisa Cegah Pikun

Terdapat dua jenis minyak zaitun yang sering digunakan yaitu extra-virgin olive oil dan virgin olive oil.

Perbedaan kedua jenis tersebut terletak pada metode pembuatannya.

Extra-virgin olive oil dihasilkan melalui penekanan buah zaitun dengan metode cold-press (tanpa panas). Cara ini mengakibatkan rendahnya kerusakan dan kontaminasi zat kandungan.

Sedangkan, virgin olive oil dibuat dengan kombinasi metode cold-press dan proses pabrikasi.

Minyak zaitun yang dihasilkan dari penekanan dingin memiliki kualitas lebih baik dan dapat dikonsumsi langsung, sementara virgin olive oil lebih cocok digunakan sebagai minyak goreng.

Untuk langkah awal, gantilah minyak sayur dengan minyak zaitun extra virgin organik yang telah teruji secara ilmiah dan bersertifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: