Apakah Jokowi Masih Bertaji?

Apakah Jokowi Masih Bertaji?

ILUSTRASI apakah Jokowi masih bertaji di pilkada serentak November 2024??-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

BACA JUGA: Drakor Jokowi

BACA JUGA: Populisme ala Jokowi

Apakah Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution akan tetap mendapat kemudahan? Disiapkan kendaraan politiknya hingga dicarikan ”lawan” politiknya. 

Sekarang Jokowi effect masih terasa. Buktinya, sejumlah parpol tetap ramai-ramai memberikan dukungan kepada Kaesang dan Bobby. 

Sudah lima partai yang secara terbuka mendukung Bobby (Gerindra, Golkar, PAN, PKB, dan Nasdem). Tiket sudah pasti di tangan. Menang? Belum menjamin juga bila PDIP dan PKS menghadang.

BACA JUGA: Sapu Jagat ala Jokowi

BACA JUGA: Guruh Soekarnoputra Usul Jokowi Jadi Ketum PDIP, Partai Keluarga Terancam

Kalau berdasar survei, Kaesang berpeluang di Jawa Tengah. Survei Indikator Politik menunjukkan nama Kaesang selalu di atas untuk pilgub Jawa Tengah. Unggul tipis atas kandidat lain. Yakni, Irjen Achmad Lutfi yang kini menjabat kepala Polda Jateng.

Artinya, Kaesang belum aman-aman juga.

Kalau hanya mengandalkan suara inti pendukung Jokowi, jelas juga tidak cukup. Sebab, cermin suara asli Jokowi adalah para pemilih PSI yang secara nasional di bawah 4 persen. 

BACA JUGA: KTT Ke-43 ASEAN 2023: Patsy, Jokowi, dan Biden

BACA JUGA: Pidato Kenegaraan, Jokowi Kaget Dirinya Dijuluki Pak Lurah

Pendukung Jokowi di PDIP? Kalau kita cermati hasil pileg kemarin, suara PDIP juga terkuras. Pada Pileg 2019, suaranya mencapai 19,33 persen, terkuras 2,61 persen, menjadi 16,72 persen. PDIP gembos karena pendukung Jokowi meninggalkan partai itu.

Untuk menang, Kaesang dan Bobby tetap membutuhkan gerakan ekstra. Harus ada kekuatan yang tetap ”menjaga” suara yang memenangkan Prabowo-Gibran di pilpres. 

Semua orang tahu peran Jokowi di pilpres lalu. Sementara itu, Jokowi lengser dua pekan sebelum pencoblosan pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: