Golden Boot Euro 2024: Enam Raja Gol Berbagi Takhta, Ada Harry Kane dan Siapa Lagi?

Golden Boot Euro 2024: Enam Raja Gol Berbagi Takhta, Ada Harry Kane dan Siapa Lagi?

Harry Kane dan Dani Olmo bersama 4 pemain lain meraih Sepatu Emas Euro 2024 setelah sama-sama mencetak 3 gol, dengan Kane gagal menambah gol di final.--Instagram @espnfc

HARIAN DISWAY - Euro 2024 ini cukup unik. Tidak ada satu tim pun yang bergantung penuh pada seorang pemain untuk mencetak gol. Setiap tim dapat mengandalkan penyerang, gelandang, bahkan defender-nya.

Akibatnya tidak ada satu nama yang dominan dalam urusan mencetak gol. Top scorer turnamen yang digeber di Jerman itu hanya mencetak 3 gol. Tapi, "pelakunya" banyak sekali. Tak hanya satu atau dua, melainkan enam!

Ya, Harry Kane (Inggris) dan Dani Olmo (Spanyol) awalnya digadang-gadang meraih Golden Boot. Sebelum final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris 15 Juli 2024 dini hari tadi, mereka sama-sama mencatat  gol.

BACA JUGA:Spanyol Juara Euro 2024, Ini yang Dikatakan Luis de la Fuente saat Jeda Laga Final

Sayang, di final, mereka sama-sama gagal menambah koleksi golnya. Alhasil, mereka harus membagi Golden Boot dengan empat pemain lainnya.


Dani Olmo (kiri) dan Harry Kane (kanan).--Instagram @england

Mereka adalah Cody Gakpo (Belanda), Georges Mikautadze (Georgia), Jamal Musiala (Jerman), dan Ivan Schranz (Slovakia).

Berbeda dengan turnamen sebelumnya, UEFA mengubah kebijakan Golden Boot. Jika sebelumnya jumlah assist menjadi penentu bila ada pemain dengan jumlah gol sama, di Euro 2024, gelar ini dibagi rata bila tak ada pemenang yang jelas di final.

BACA JUGA:Rating Pemain Spanyol vs Inggris: Nico Williams Tertinggi, Lamine Yamal Berapa?

BACA JUGA:Hasil Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris: Dua Rekor Matador!

Perubahan ini membuat pemain Rep Ceko Patrik Schick gigit jari. Dulu, di Euro 2020, ia mencatat 5 gol, sama dengan bintang Portugal Cristiano Ronaldo. Namun, Cristiano unggul dalam hal assist. Alhasil, ia lah yang meraih Golden Boot.

Apa yang terjadi di Euro 2024 "mengulang" kejadian di Euro 2012. Dalam edisi tersebut, ada 6 pemain yang mencetak 3 gol. Dan itu sudah paling banyak di antara semuanya.

Mereka adalah Fernando Torres (Spanyol), Mario Gomez (Jerman), Alan Dzagoev (Rusia), Mario Mandzukic (Kroasia), Mario Balotelli (Italia), dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

BACA JUGA:Kejutan! Rodri Jadi Pemain Terbaik Euro 2024, Simak Statistiknya

Bagi Harry Kane, ini adalah Golden Boot kedua di ajang internasional. Sebelumnya, ia menjadi top scorer dengan 6 gol di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, dari Inggris, ada Alan Shearer yang menjadi pencetak gol terbanyak di Euro 1996 dengan 5 gol.


GOLDEN BOOT Euro 2024: enam Raja Gol berbagi takhta, ada Harry Kane dan Dani Olmo (foto atas).-Ina Fassbender -AFP

Menariknya, Harry Kane menjadi pemain ketiga dalam sejarah yang meraih Golden Boot di Euro dan Piala Dunia.

Sebelumnya, ada Valentin Ivanov (USSR) dan Drazan Jerkovic (Yugoslavia) yang berbagi trofi dengan pemain lain di Euro 1960 dan Piala Dunia 1962, dan legenda Jerman Gerd Muller yang mencetak 10 gol di Piala Dunia 1970 dan 4 gol di Euro 1972.

BACA JUGA:Gagal Juara, Ini Kata Harry Kane Tentang Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris

BACA JUGA:Melepaskan Kutukan 58 Tahun Inggris: Tekad Baja Southgate dan Kane di Final Euro 2024

Sepanjang turnamen, Kane mencetak gol pertamanya dengan kaki kirinya di laga kedua penyisihan grup kontra Denmark (1-1).

Ia kemudian menggandakan golnya dengan gol penentu di perpanjangan waktu melawan Slowakia (2-1) di babak 16 besar, dan mencetak gol penyeimbang dari titik penalti saat Inggris mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal.

Sementara itu, Dani Olmo, yang hanya menjadi starter di tiga dari tujuh pertandingan Spanyol, baru diturunkan di babak perempat final melawan Jerman menggantikan Pedri yang cedera. Gelandang RB Leipzig itu berhasil mencetak gol di ketiga laga sistem gugur Spanyol sebelum final.

BACA JUGA:Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris: Harry Kane Buru Sepatu Emas Kedua!

Ivan Schranz dan Jamal Musiala, di sisi lain, mencetak ketiga golnya di babak penyisihan grup. Sedangkan Cody Gakpo mencetak satu dari tiga golnya di babak 16 besar saat Belanda mengalahkan Rumania.

Enam Raja Gol, sebuah fenomena unik di Euro 2024, menunjukkan ketatnya persaingan dan kualitas para penyerang di turnamen kali ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn