5 Keutamaan Puasa Asyura, Dapat Pahala Setara 10.000 Malaikat Hingga Hapus Dosa Setahun

5 Keutamaan Puasa Asyura, Dapat Pahala Setara 10.000 Malaikat Hingga Hapus Dosa Setahun

Puasa Ayyamul Bidh September 2024--Freepik

3. Puasa Sehari Setara 30 Hari Puasa

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang yang berpuasa pada hari-hari tertentu di bulan Muharram akan mendapatkan ganjaran yang besar. Hadis tersebut menyatakan:

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: 'Barang siapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka dosanya akan dihapuskan dua tahun. Dan barang siapa yang berpuasa sehari dari bulan Muharram, maka baginya pahala sebanyak puasa selama 30 hari.'" (HR At-Thabrani dalam al-Mu'jamus Shaghîr).


5 KEUTAMAAN puasa Asyura, dapat pahala setara 10.000 malaikat hingga hapus dosa setahun.-Khats Cassim -Pexels

4. Menunjukkan Penghormatan kepada Nabi Musa AS

Keutamaan lainnya adalah menunjukkan penghormatan kepada Nabi Musa AS melalui puasa pada hari Asyura. Kisah ini tercatat dalam hadis dari Ibnu Abbas. Ketika Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah, dan melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura.

BACA JUGA:Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh Setelah Hari Tasyrik, Lakukan di Tanggal Ini

Nabi bertanya tentang alasan mereka berpuasa. Dan mereka menjawab bahwa ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka. Sebagai ungkapan syukur, Nabi Musa AS juga berpuasa pada hari tersebut.

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa umat Muslim lebih berhak menghormati Nabi Musa daripada orang-orang Yahudi. Beliau pun memerintahkan para sahabatnya untuk ikut berpuasa pada hari Asyura sebagai bentuk penghormatan dan syukur kepada Allah SWT  (HR. Muslim).

BACA JUGA:3 Jenis Puasa Sunah di Bulan Dzulhijjah dan Bacaan Niatnya

BACA JUGA:4 Keutamaan Puasa Syawal, Setara dengan Berpuasa Selama 1 Tahun

5. Menghapus Dosa Setahun

Salah satu keutamaan besar puasa Asyura adalah kemampuannya untuk menghapus dosa-dosa yang telah lewat. Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Qatadah disebutkan bahwa puasa ini dapat menghapus dosa-dosa setahun yang telah dilakukan sebelumnya.

"Sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: 'Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat'." (HR Muslim).

Keistimewaan Puasa Asyura ini menjadi pengingat bagi umat Muslim untuk selalu berusaha meraih pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Di tengah kesibukan dan rutinitas, sempatkanlah untuk menunaikan puasa Asyura dengan penuh khusyuk dan keimanan. Anda dapat mengamalkan puasa di Hari Asyura atau 10 Muharram. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber