Tim Prabowo-Gibran Tepis Anggaran Makan Gratis Bergizi Dipotong: Itu Hanya Rumor

Tim Prabowo-Gibran Tepis Anggaran Makan Gratis Bergizi Dipotong: Itu Hanya Rumor

Anggota Tim Sinkronisasi Kebijakan Prabowo-Gibran Hasan Hasbi-Dokumentasi Pribadi-

HARIAN DISWAY Anggota Tim Gugus Sinkronisasi Prabowo-Gibran menepis rumor yang mengatakan bahwa anggaran Makan Bergizi Gratis akan dipotong dari mulanya Rp15.000 per porsi hanya menjadi Rp7.500 per porsi. 

Bermula dari pernyataan ekonom Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan, dirinya mengaku pernah diajak berdiskusi dengan tim Prabowo mengenai anggaran makan gratis bergizi siswa sekolah. Tentunya hal ini dikonfirmasi bukan merupakan keputusan resmi dari tim.

“Itu hanya pernyataan atau mungkin saja ide dari ekonom tersebut. Bukan statemen resmi dari tim,” kata anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Hasan Nasbi, Jumat, 19 Juli 2024.

BACA JUGA:Prabowo Revisi Kebijakan Makan Gratis untuk Siswa: Pola Makan Setiap Daerah Bisa Jadi Berbeda

Kemudian Hasan juga menjelaskan, bahwa fokus utama dari presiden terpilih Prabowo Subianto beserta wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka adalah kesesuaian standar gizi pada makanan gratis untuk siswa sekolah tersebut.

“Jadi ukurannya adalah ketercukupan gizi. Ketercukupan gizi ini ditentukan oleh ahli gizi,” ungkap Hasan.

Saat ini terdapat banyak ide dan masukan terkait anggaran makanan gratis per anaknya yang tentunya masih dikaji dengan detail serta belum dikonfirmasi penetapan harga tertentunya.

“Semua sedang dikaji dan diuji coba dengan sangat detail oleh Dewan Pakar. Sampai saat ini belum ada angka tertentu yang menjadi patokan, sebab yang menjadi tolok ukur kita adalah ketercukupan gizi,” jelas Hasan.

BACA JUGA:Simulasi Program Makan Gratis di Tangerang, Ada Menu Siomay Hingga Gado-gado

Kekayaan alam Indonesia menjadikannya terdapat keberagaman sumber gizi dari masing-masing wilayahnya melalui menu lokal yang berbeda-beda tiap daerah. Hal tersebut yang menyebabkan pemenuhan standar gizi akan disesuaikan oleh ketersediaan bahan makanannya.

“Di berbagai wilayah, untuk memenuhi standar gizi, jenis menunya berbeda-beda. Sesuai dengan ketersediaan bahan makanan dan jenis menu lokal di masing-masing tempat. Dari sisi harga tentu juga akan berbeda-beda nilainya,” kata Hasan.

Sebelum rumor ini menjadi besar, Gibran sudah buka suara mengenai pemangkasan anggaran makanan bergizi gratis menjadi Rp7.500 per anak ini. Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka secara tegas meminta semua pihak untuk tidak memberitakan isu yang belum pasti kebenarannya.

"Kata siapa, tunggu kepastiannya dulu," kata Gibran, Kamis, 18 Juli. 

BACA JUGA:Makan Gratis dan IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers tim sinkronisasi prabowo-gibran