IDAI Beberkan 10 Tantangan yang Dihadapi Anak Indonesia Masa Kini

IDAI Beberkan 10 Tantangan yang Dihadapi Anak Indonesia Masa Kini

Anggota Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial IDAI & Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), dalam seminar "Membangun Generasi Anak Indonesia Sehat Menuju Indonesi-IDAI-

7. Akses kepada pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas.

Tingkat anak laki-laki dan perempuan yang dapat menuntaskan pendidikan dasar dan menengah mengalami peningkatan sejak 2015. Namun, sebanyak 4,2 juta anak tidak bersekolah. Terutama anak dari keluarga miskin dan wilayah perdesaan, serta anak dengan disabilitas.

BACA JUGA:Hari Anak Nasional, Orang Tua dan Guru Harus Beri Inspirasi untuk Anak

8. Perlindungan anak.

Indonesia telah memiliki Undang-Undang Perlindungan Anak tahun 2002 yang mengatur hukuman bagi pelaku kekerasan terhadap anak. Namun, angka kekerasan pada anak masih 62 persen di sepanjang hidupnya.

9. Partisipasi anak dan remaja.

Dijelaskan oleh  Prof Ahmad bahwa partisipasi anak dan remaja dapat membentuk mental dan fisik yang kuat. Tapi kesulitan yang ditemukan saat ini berkaitan dengan norma sosial yang tidak memandang anak dan remaja sebagai warga negara aktif. Sehingga peran anak di Indonesia cenderung dipandang apatis.


30 ucapan Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 yang menarik untuk media sosial.-CHAIDEER MAHYUDDIN-AFP

BACA JUGA:Menyemarakkan Hari Anak Nasional 23 Juli, Ini 8 Kegiatan Seru untuk Anak-Anak

10. Bencana dan risiko. 

Situasi Indonesia saat ini sangat mungkin memburuk seiring dengan perubahan iklim. Terutama pada polusi udara di Jakarta. Prof Ahmad menjelaskan bahwa anak dapat menjadi korban dampak terberat polusi udara tersebut. Termasuk menderita penyakit pernapasan dan hambatan pertumbuhan anak.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: seminar media idai