Tinjau Tol Solo - Yogyakarta, Menteri PUPR: Solo - Klaten Cuma 30 Menit

Tinjau Tol Solo - Yogyakarta, Menteri PUPR: Solo - Klaten Cuma 30 Menit

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo - Yogyakarta di Jawa Tengah--Kementerian PUPR

HARIAN DISWAY - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo - Yogyakarta di Jawa Tengah pada Rabu, 24 Juli 2024.

Peninjauan ini ia lakukan seusai kunjungan kerja dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selama meninjau pembangunan, Basuki meminta kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Jogja Solo untuk mempercepat pembangunan tol tersebut. 

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

Khususnya untuk paket 1 dari Simpang Susun Kartasura hingga Klaten sepanjang 22 km.

"Terus semangat, akhir Agustus 2024 sudah selesai dari Kartasura sampai Klaten sepanjang 22 km. Selanjutnya dari Klaten ke Prambanan hingga Purwomartani seluruhnya selesai tahun 2024 ini," kata Basuki.


Kementerian PUPR merampungkan pembangunan Inpres Jalan Daerah di seluruh Indonesia dengan anggaran Rp 14,6 Triliun.-kemenpupr-

BACA JUGA:Penampakan Jalur Fungsional Tol Yogya-Solo: Siap Layani Para Pemudik

Ruas  Kartasura - Klaten sepanjang 22,3 km diharapkan dapat beroperasi pada akhir Agustus 2024. Sedangkan ruas Klaten - Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan rampung di akhir 2024.

Nantinya, Jalan Tol Yogyakarta - Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan Jalan Tol Semarang - Solo. Hal ini mendorong terbentuknya segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Tol Solo - Yogyakarta akan terhubung hingga Yogyakarta International Airport dengan panjang keseluruhan 96,57 km.

BACA JUGA:Breaking News! Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri, Sementara Diganti Basuki dan Raja Juli Antoni

Ruas Tol ini terdiri dari 3 seksi, yakni Seksi 1 Solo - Klaten - Purwomartani (42,3 km), Seksi 2  Purwomartani - Monjali - Sleman (16 km), dan Seksi 3 Gamping - Kulonprogo (38,57 km).

Jalan Tol dari Kartasura hingga Klaten diharapkan akan mengurangi waktu tempuh melalui jalan nasional Solo/Kartasura - Klaten, kurang lebih menjadi  25 - 30 menit melalui jalan tol. Sementara melewati jalan nasional bisa mencapai 50 - 60 menit.

BACA JUGA:Wajib Bersabar, Jalan Tol Semarang-Demak Segmen Tanggul Laut Semarang-Sayung Baru Selesai Tahun 2027

Kehadiran Tol Solo-Yogyakarta diproyeksikan juga untuk mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta - Solo yang saat ini kondisinya kerap macet, utamanya menuju destinasi pariwisata, seperti Candi Prambanan dan bandara.

Dalam peninjauan ini, turut hadir Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah - DIY, Rien Marlia.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: