Musyawarah Izin Tambang Muhammadiyah di Yogyakarta Diwarnai Aksi Demonstrasi Penolakan

 Musyawarah Izin Tambang Muhammadiyah di Yogyakarta Diwarnai Aksi Demonstrasi Penolakan

Spanduk yang dibentangkan sejumlah pemuda Muhammadiyah yang tergabung dalam beberapa organisasi dalam aksi menolak Muhammadiyah mengelola tambang di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Sabtu, 27 Juli-Ist-

BACA JUGA:PBNU Bisa Kelola 23 Ribu Ha Lahan Tambang Bekas KPC, Muhammadiyah Berapa?

Tidak hanya berkaitan dengan lingkungan saja, aksi ini juga menyoroti panggilan moral untuk menjaga nilai-nilai etis dalam pengelolaan sumber daya alam.

Harapannya dengan adanya aksi ini dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan PP Muhammadiyah dalam Konsolidasi Nasional di Yogyakarta.

Di samping itu, terdapat pula beberapa pihak yang mendukung akan keputusan dari PP Muhammadiyah yang terlibat dalam bisnis tambang sehingga dapat membantu dalam kontribusi ekonomi dan sosial pada masyarakat.

BACA JUGA:Muhammadiyah Terima Izin Tambang, tapi Cantumkan Sejumlah Catatan

Namun, para demonstran banyak yang menyayangkan karena manfaat ekonomi jangka pendek tidak boleh mengorbankan keberlanjutan lingkungan dan integritas moral.

Aksi ini dengan tegas menuntut kepada  PP Muhammadiyah untuk mempertimbangkan dampak jangka panjang dalam keterlibatan pada bisnis tambang. Demonstrasi ini juga sebagai simbol bahwa masyarakat sipil memiliki peran penting dalam mengawasi dan mengkritisi kebijakan publik yang dapat mempengaruhi kehidupan dan lingkungan.(*)

*Artikel ini ditulis oleh Ahmad Hanif Musthafa, Mahasiswa Universitas Airlangga, Peserta Magang Reguler di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: