Pancasila dalam Praktik: Kevin Lilliana Bagi Cara Sederhana Penerapannya

Pancasila dalam Praktik: Kevin Lilliana Bagi Cara Sederhana Penerapannya

Miss Internasional 2017 Kevin Lilliana Sebut Pendidikan Pancasila Begitu Penting untuk anak muda-Dok. BPIP -

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ternyata sangat mudah dan sederhana. Hal ini disampaikan oleh Kevin Lilliana Junaedy, seorang model dan Ratu Kecantikan Puteri Indonesia 2017.

Kevin menyayangkan bahwa pembacaan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan saat ini hanya dianggap sebagai formalitas belaka.

Padahal, menurut Kevin, nilai-nilai Pancasila sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kadang anak-anak sekarang membaca nilai-nilai Pancasila hanya untuk formalitas, tanpa memahami bagaimana nilai-nilai tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari," kata Kevin saat diwawancarai Disway,  Rabu, 31 Juli 2024.

"Padahal, semuanya itu dapat diterapkan, artinya semuanya bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari," tambahnya.

BACA JUGA:Komitmen Teruskan Ideologi Pancasila, PDIP Bekali Caleg Dengan Pendidikan Kader

BACA JUGA:Pentingnya Pendidikan Pancasila

Kevin memberi contoh bahwa tidak perlu menjadi seorang negarawan atau tokoh yang disegani untuk mengaplikasikan nilai Pancasila.

Namun, ternyata ada nilai-nilai Pancasila yang sudah diterapkan oleh anak-anak muda dalam kehidupan sehari-hari, meski belum disadari.

"Kadang orang berpikir bahwa untuk menerapkan Pancasila harus menjadi negarawan atau tokoh besar, padahal nilai-nilai tersebut bisa diterapkan sehari-hari," terangnya.


Kevin Lilliana Ajak Anak Muda Terapkan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari-Instagram-

"Sebagai contoh, nilai Ketuhanan Yang Maha Esa bisa diterapkan dengan menjalankan perintah agama kita masing-masing. Misalnya, dalam agama Islam kita shalat lima waktu, dan dalam agama Nasrani kita pergi ke gereja," sambung Kevin.

Untuk itu, Kevin mengajak anak-anak muda untuk lebih memahami arti nilai-nilai Pancasila secara mendalam, sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana.

"Pancasila mungkin terlihat sulit diaplikasikan, tetapi jika kita memahami maknanya, sebenarnya kita sudah melakukannya dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: