Spot Hunting Foto Kereta Api Terbaik di Surabaya, Railfans Wajib Tahu!

Spot Hunting Foto Kereta Api Terbaik di Surabaya, Railfans Wajib Tahu!

Promo KAI sepsial HUT ke-79 RI bulan Agustus 2024.-Martinus Ikrar Raditya: Harian Disway-

Viaduk di Surabaya merupakan salah satu bentuk sejarah pembangunan yang diinisiasi oleh pemerintahan Belanda saat masih menjajah Indonesia, tepatnya Surabaya. Terdapat 7 viaduk yang dibangun oleh perusahaan kereta api Hindia Belanda Staatsspoorwegen.

Tujuan pembuatan viaduk di Surabaya sendiri digunakan dalam rangka mengurangi kemacetan di Kota Surabaya. Dari ketujuh viaduk hanya satu viaduk yang dianggap gagal dan tidak pernah dioperasikan sejak awal dibangun, yakni viaduk Ngaglik.

BACA JUGA:Selama Imlek, Ada Menu Khas Tionghoa dan Prami Berpakaian Cheongsam di Atas Kereta Api

Sisa 6 viaduk yang hingga saat ini aktif menjadi jalur rel kereta api. Viaduk Kertajaya menjadi viaduk favorit para railfans. Letaknya berada di dekat Stasiun Surabaya Gubeng yang melintas di atas Jalan Kertajaya, Gubeng.

Berbagai jenis kereta api seperti kereta penumpang hingga kereta barang melintasi Viaduk Kertajaya ini. Jalan Kertajaya menjadi salah satu jalan utama yang menghubungkan Jalan Sulawesi ke arah barat dan jalan Manyar ke arah timur.

Para Railfans bisa menikmati kereta yang melintas di atas Viaduk Kertajaya dengan naik melalui tanjakan di tepi viaduk.

 BACA JUGA:Marak Kecelakaan Kereta Api, Ini Pesan Menhub di Gubeng Surabaya

4. Jalur Rel Jl Ahmad Yani


Kereta Api Melintasi Rel Belakang Pasar Maling Wonokromo - Jalur Ramai Jl Ahmad Yani Surabaya-Sahirol Layeli: Harian Disway-

Spot terbaik hunting foto kali ini berada di stasiun paling selatan di Kota Surabaya, yakni Stasiun Wonokromo. Spot ini berada di sepanjang jalur rel di Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Berada di belakang Pasar Maling Wonokromo, para Railfans dapat memotret rangkaian kereta api yang lalu lalang sibuk melewati jalur rel ini. Kereta yang melewati jalur ini biasanya terusan dari jalur stasiun Sidoarjo. 

BACA JUGA:Banyak Insiden Kecelakaan Kereta Api, DJKA Paparkan Upaya Peningkatan Keamanan Jalur

Di antara keramaian Jalan Ahmad Yani yang terbuka lebar, jalur kereta juga ikut mewarnai keramaian jalur ini tiap harinya. Jalur rel ini akan lebih sulit diakses oleh Railfans karena letaknya yang langsung bersebelahan dengan Jalan Ahmad Yani yang lebar.

Maka, para railfans akan memilih spot alternatif lain seperti di atas Jembatan Penyeberangan Umum (JPU) yang tersebar di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

BACA JUGA:KAI Berikan Kompensasi bagi Penumpang yang Terdampak Kecelakaan Dua Kereta Api Di Bandung, Berikut Rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sahabat kereta