Luhut Pamerkan Gim Lokapala Karya Developer Indonesia, Ajak Main Gim Buatan Indonesia

Luhut Pamerkan Gim Lokapala Karya Developer Indonesia, Ajak Main Gim Buatan Indonesia

Luhut memamerkan game Lokapala buatan dalam negeri untuk menyambut hari Gim Indonesia. Luhut mengajak masyarakat untuk mendukung game buatan lokal agar bisa bersaing di kancah global.--Instagram Luhut Pandjaitan

HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan memamerkan mobile game Lokapala buatan Indonesia dalam akun sosial medianya.

“Ini adalah Lokapala. Gim MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) berbasis IP (Intellectual Property) yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios. Terinspirasi dari penelitian budaya, tokoh mitologi dan sejarah Nusantara, Lokapala menjadi gim esports pertama asal Indonesia dan satu-satunya dari Asia Tenggara,” kata Luhut dalam unggahan sosial medianya.

Lokapala sendiri tercatat menjadi game mobile ketiga terbesar di dunia berdasarkan versi Google Play.

BACA JUGA:Game Lokapala Akhirnya  

Tahun 2025 mendatang, potensi pasar game mobile Indonesia diperkirakan akan mencapai USD 2,5 miliar (setara Rp36 triliun).

Namun yang disayangkan pasar game di Indonesia masih didominasi oleh game asing. Sementara game lokal hanya menguasai 0,5% saja.

“Saya melihat potensi besar industri gim nasional bukan hanya sebagai entertainment semata, melainkan juga sebagai alat edukasi yang efektif dan kreatif. Melalui gim, nilai-nilai budaya dan kekayaan tradisi nusantara bisa diperkenalkan dengan cara yang lebih menyenangkan” ujarnya.

BACA JUGA:Peringatan Hari Gim Indonesia: Kemenparekraf Rekomendasikan 8 Gim Dengan Kearifan Lokal


Game Lokapala buatan Indonesia--Youtube Lokapala MOBA

Luhut meyakini bahwa game juga bisa menjadi medium penyampaian pesan-pesan edukatif untuk memperkenalkan sejarah peradaban bangsa dan kearifan lokal pada generasi muda. Melalui cara yang lebih interaktif dan menarik.

Beberapa game buatan Indonesia telah berhasil menjadi salah satu instrumen penguatan diplomasi ekonomi dan budaya, baik di regional maupun internasional.

Hal tersebut kemudian melatarbelakangi lahirnya Perpres 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan potensi besar yang dimiliki oleh para developer gim lokal, dan menjadikan gim buatan Indonesia sebagai bagian dari industri global yang terus berkembang. 


Lokapala Tournament--Youtube Lokapala MOBA

BACA JUGA:Game Lokal Trending di Steam, Knights vs Giants: The Broken Excalibur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: