NasDem Segera Merapat ke Khofifah-Emil, PDIP Serahkan Pilgub Jatim ke Megawati

NasDem Segera Merapat ke Khofifah-Emil, PDIP Serahkan Pilgub Jatim ke Megawati

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari menegaskan bahwa urusan Pilgub Jatim diserahkan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.--PDIP Jatim

HARIAN DISWAY - Peluang calon tunggal di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024 makin lebar. Ini setelah Partai NasDem dikabarkan merapat ke kubu pasangan calon (paslon) petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. Yakni bersama koalisi besar yang diisi tujuh parpol parlemen lainnya.

“Partai NasDem akan mendukung Khofifah-Emil,” tegas Ketua DPW NasDem Jatim Lita Machfud Arifin, Sabtu, 10 Agustus 2024. Tentu, dalam waktu dekat pula, NasDem akan menerbitkan surat rekomendasi untuk pasangan Khofifah-Emil. 

Dengan demikian, kekuatan Khofifah-Emil makin tidak terbendung di Pilgub Jatim 2024. Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PPP dan PSI sudah memberi tiket kepada pasangan petahana tersebut. Ketujuh parpol itu punya 62 kursi di DPRD Jatim. Bila ditambah dengan NasDem, total menjadi 72 kursi.

BACA JUGA:Pilgub Jatim 2024: Khofifah-Emil Kian Solid, PDIP Belum Tentukan Sikap

BACA JUGA:Pilgub Jatim: PKB Hanya Sodorkan KH Marzuki Mustamar ke PDI Perjuangan

Paloh pun sudah merestui partainya untuk memberikan rekomendasi kepada Khofifah-Emil. Dukungan secara resmi akan diberikan dalam waktu dekat ini. “Penyerahan kemungkinan nanti di DPW Jatim,” ungkap Lita. 


Pasangan Khofifah-Emil saat berfoto bersama kader DPW PPP Jatim, Kamis 1 Agustus 2024.-Michael Fredy Yacob-

Tentu, koalisi sebesar itu bisa saja membuat gentar calon lawan. Yakni PKB dan PDI Perjuangan yang ingin membuat poros baru di Pilgub Jatim kali ini. PDI Perjuangan sangat bergantung pada PKB.

Sebab, partai berlogo banteng moncong putih itu hanya memiliki 21 kursi di Indrapura –sebutan kantor DPRD Jatim. Belum memenuhi syarat mengusung calon sendiri, yang menuntut 24 kursi di parlemen.

DPD PDI Perjuangan Jatim masih bersikeras tidak mau masuk dalam koalisi gemuk Khofifah-Emil. Harapan tinggal pada PKB sebagai partai yang punya kursi terbanyak di Indrapura. Ya, PKB berhasil mendapat 27 kursi pada Pileg 2024.

BACA JUGA:Poros Baru Pilgub Jatim: PDIP dan PKB Bahas Kandidat Penantang Khofifah

BACA JUGA:Menanti Rekom PDIP dan Risma Efek di Pilgub Jatim!

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim sudah bertemu dengan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Malang pada Kamis, 8 Agustus 2024. Ada beberapa nama yang sudah dipertimbangkan untuk didorong maju di Pilgub Jatim 2024.

“Insyaallah, Pak Sekjen sudah menyampaikan bahwa dalam seminggu kedepan proses ini akan berjalan,” Untari memastikan sosok yang diusung PDI Perjuangan bakal diumumkan sebelum 27 Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: